Antisipasi Antrian, Disdukcapil Siapkan Antrian Online dan Jemput Bola Sasar Siswa Sekolah

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Denpasar telah mempersiapkan antrean online guna mengatasi masalah antrian di Gedung Sewaka Dharma Lumintang Denpasar. Dengan adanya antrian online diharapkan dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

Plt. Kadis Dukcapil Denpasar, A.A. Istri Agung, Selasa (13/3/2018) saat dihubungi di Denpasar, mengatakan, masalah antrean e-KTP di Sewaka Dharma Lumintang, pihaknya telah mempersiapkan antrean online yang nantinya dapat mempermudah pelayanan kepada masyarakat. “Untuk mengatasi antrian kami sedang persiapkan antrian online,” ujarnya.

Selain itu guna mengatasi banyaknya antrian di Gedung Sewaka Dharma pihaknya juga melakukan percepatan perekaman KTP Elektronik atau E-KTP bagi seluruh masyarakat Denpasar yang dilakukan Dinas Catatan Sipil (Capil) Denpasar dengan sistem jemput bola.

“Jadi tidak saja menunggu kedatangan masyarakat, namun juga menggencarkan upaya jemput bola, menyasar siswa SMA/SMK menjadi salah satu langkah untuk percepatan program kepemilikan e-KTP bagi masyarakat. Secara bertahap langkah ini telah dilakukan sejak Januari lalu yang diawali menyasar siswa SMK N 1 Denpasar,” sebutnya.

Tahun ini pihaknya menyasar 26 sekolah SMA/SMK di Kota Denpasar. “Siswa SMA/SMK yang telah mencapai umur 17 tahun kami upayakan dengan pelayanan jemput bola,” ucapnya.

Jumlah warga yang belum melakukan perekaman sudah semakin menurun meski masih ada yang belum melakukan perekaman karena adanya penambahan penduduk yang beranjak 17 tahun ke atas.

Selain menyasar sekolah-sekolah SMA, pihaknya juga mengupayakan perekaman pada desa/kelurahan di seluruh kecamatan di Kota Denpasar.

Dari langkah program jemput bola sejak tanggal 1 Januari-28 Februari 2018 yang dilakukan baik di sekolah maupun desa/kelurahan terdapat sebanyak 925 siswa yang telah melakukan perekaman. (NN)

Editor: N. Arditya