Pramuka Sebagai Wadah Pembentukan Perilaku Sosial Generasi Muda yang Positif

MENARAnews, Demak (Jateng) – ”Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan perilaku sosial generasi muda yang positif, sangatlah penting. Utamanya dalam menghadapi berbagai permasalahan sosial generasi muda saat ini, seperti kenakalan remaja, penyalahgunaan obat terlarang maupun seks bebas di luar nikah,” hal itu disampaikan Bupati Demak HM. Natsir saat membuka survival Cabang ke VII Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Demak 11.21 Demak di halaman Sekretariat Daerah kabupaten demak, Senin (18/12).

Selaku Kepala Majlis Pembimbing Cabang Demak, Natsir menyampaikan dengan aktif mengikuti kegiatan kepramukaan yang menarik, menantang, edukatif dan rekreatif seperti kegiatan survival ini, kaum muda Indonesia bukan saja dapat terhindar dari berbagai permasalahan sosial. Akan tetapi yang terpenting, kaum muda dapat turut berperan aktif mencegah permasalahan sosial tersebut.

Selain permasalahan sosial, lanjut Natsir, saat ini di kalangan kaum muda pun cenderung memiliki permasalahan yang berkaitan dengan kebangsaan, termasuk menurunnya semangat nasionalisme, longgarnya ikatan persatuan dan kesatuan, serta minimnya tekad bela negara. Menilik dari hal tersebut, peranan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentuk kader bangsa yang tangguh dan berjiwa patriotik, sangatlah dibutuhkan. Karena dalam survival diperlukan ”Kerja keras yang merupakan bagian dari fisik, bekerja cerdas adalah bagian dari otak dan bekerja ikhlas bagian dari hati” .

Sementara, ketua Dewan Kerja Cabang (DKC) Demak Ahmad Purwito selaku Ketua penyelenggara menjelaskan bahwa pelaksanaan survival cabang ke VII tahun 2017 dilaksanakan pada tanggal 17 sampai dengan 20 Desember dengan tempat kegiatan yaitu Demak, Karanganyar, Gajah dan Wonosalam. Adapun start dan finish di lapangan alun-alun Demak.

”Kegiatan ini mengambil tema wujudkan generasi muda berkarakter tangguh, tanggap dan berjiwa patriotik,” ungkapnya. (Zul)