GP Ansor : Bersatu Dalam NKRI, Menebar Islam Rahmatan Lil Alamin

MENARAnews, Bandar Lampung – Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Bandar Lampung mengajak masyarakat untuk bersatu menjaga NKRI dan menebarkan Islam Rahmatan Lil Alamin.

Hal tersebut ditegaskan oleh Ketua PC GP Ansor Kota Bandar Lampung Agung Zawil Afkar dalam acara Pengajian Akhirus Sanah dan Silaturahim Refleksi Akhir Tahun bertema “Bersatu Dalam NKRI dan Menebar Islam yang Rahmatan Lil Alamin” di Kelurahan Gunung Sulah, Way Halim Kota Bandar Lampung, Rabu (27/12/2017).

“Jika Bung Karno punya semboyan ‘JAS MERAH’ Jangan Sekali-sekali Melupakan Sejarah, maka GP Ansor punya semboyan ‘JAS HIJAU’ Jangan Sekali-sekali Hilangkan Jasa Ulama,” tegasnya saat menjelaskan peran ulama dalam meraih Kemerdekaan Indonesia.

Pimpinan Ponpes Mahmudah Kemiling, KH. Khabibul Mutaqin, S.H.I. yang didaulat untuk mengisi tausiyah juga menyampaikan bahwa kontribusi ulama dalam mencapai kemerdekaan Indonesia sangat besar dan penuh keikhlasan melalui Resolusi Jihad KH. Hasyim Asyari pada tahun 1945, hubbul wathan minal iman, sehingga membangkitkan semangat santri dan umat Islam untuk mengusir penjajah.

Pengajian dan silaturahim merupakan kekuatan umat Islam dalam membangun Ukhuwah Basyariyah, Ukhuwah Wathaniah dan Ukhuwah Islamiyah. “Silaturahim adalah kekuatan dan khazanah bangsa Indonesia yang harus terus dipelihara dan dijaga untuk keutuhan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” imbuhnya.

“Negara Indonesia bukan Negara Islam tetapi Darussalam (negara keselamatan) karena berdirinya negara ini tidak saja karena andil umat Islam namun juga umat beragama lainnya. Oleh karenanya kita semua harus menjaga NKRI,” ujar Sekretaris PCNU Kota Bandar Lampung itu.

Silaturahim GP Ansor ini disambut baik oleh masyarakat Gunung Sulah. Ketua Takmir Masjid Al-Ikhlas Gunung Sulah Samsu Rohman, S.Mn., M.Pd mengapresiasi baik pengajian Akhirus Sanah dan Silaturahim PC GP Ansor Kota Bandar Lampung. “Silaturahim ini diharapkan dapat memotivasi generasi muda Islam khususnya Remaja Islam Masjid (Risma) dalam menjaga ukhuwah, habluminnaas dan juga habluminallah”.

Acara yang diselenggarakan oleh PC GP Ansor Bandar Lampung bersama Takmir Masjid Al-Ikhlas Gunung Sulah Way Halim tersebut tampak dihadiri tokoh-tokoh agama dan ratusan warga setempat. (AP)