Portal Berita Online Indonesia

Walikota Bukittinggi Kukuhkan 54 Orang Anggota Paskibraka

MENARAnews, Bukittinggi (Sumatera Barat) – Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias resmi mengukuhkan 54 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Pelataran Jam Gadang, Rabu (16/08). Pengukuhan Paskibraka memiliki nuansa berbeda karena Upacara Pengukuhan dilaksanakan di ruang terbuka dan mendobrak kebiasaan selama ini.

Sebelumnya telah dilaksanakan seleksi calon Paskibraka pada 1 sampai dengan 10 Maret 2017 yang diikuti 427 orang dan terdiri dari 213 putra dan 214 putri. Seleksi tersebut merupakan hasil penjaringan dari tim seleksi ke sekolah – sekolah SLTA sederajat.

Dalam amanatnya, Walikota Ramlan menjelaskan bahwa Upacara Pengukuhan Paskibraka Kota Bukittinggi tahun 2017 sengaja dilakukan di Pelataran Jam Gadang. Hal tersebut agar masyarakat Kota Bukittinggi mengetahui dan ikut merasakan perjuangan Paskibraka dalam mempersiapkan diri menunaikan tugas pada 17 Agustus 2017.

“Upacara Pengukuhan Paskibraka dilaksanakan di tempat terbuka dengan harapan generasi penerus lain akan termotivasi setelah melihat upacara ini,” ucapnya.

Selain itu pihaknya juga berharap kepada anggota Paskibraka Bukittinggi tahun 2017 untuk melaksanakan tugas sebaik-baiknya dalam upacara pada 17 Agustus 2017. Tidak hanya itu, Ramlan juga menitipkan pesan agar setelah menjadi purna Paskibraka untuk tetap memberikan kontribusi kepada Bukittinggi dan negara, seperti melalui kegiatan sosial

“Ribuan mata akan memandang, karena itu persiapkan mental, jaga kekompakan dan jaga kesehatan. Semoga tugas yang dibebankan terlaksana dengan sukses. Setelah menjadi purna, tetap lakukan kegiatan yang bisa disumbangkan untuk daerah. Seperti kegiatan kemasyarakatan. Walaupun tidak lagi bertugas, tapi tetap berikan sumbangsih kepada daerah dan Negara,” terangnya.

Pengukuhan Paskibraka ditandai dengan Penyerahan pedang dan pemasangan kendid oleh Walikota Bukittinggi kepada pewakilan Paskibraka, TNI dan Polri yang akan bertugas. Selain 54 Paskibraka, petugas pengibar Bendera Pusaka juga terdiri dari 23 aparatur Kepolisian dan 23 TNI. (AD)