Portal Berita Online Indonesia

Uniknya Pengibaran Bendera Merah Putih Di Perairan KEK Tanjung Lesung

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Pengibaran Bendera Merah Putih di Kabupaten Pandeglang, tampaknya tidak hanya dilakukan di darat, tetapi juga Bendera Indonesia itu dikibarkan di laut, tepatnya di perairan Beach Club Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan dari bawah ke atas air di tiang bendera sepanjang 17 meter oleh 17 penyelam Saka Bahari yang terdiri dari pramuka tingkat junior maupun senior.

“Acaranya (pengibaran, pen) mulai sekitar jam 09.00 WIB, pengibarnya dari Saka Bahari bekerjasama dengan PT BWJ (Banten West Java, pen),” terang Kepala Kantor Administrator Joyce Irmawanti kepada Wartawan MENARAnews, (17/8/2017).

Sementara itu, Selaku pembina upacara sekaligus Ketua Harian Kwartir Daerah Banten Cepi Syafrul Alam mengatakan, sebelumnya 17 anggota dari Pramuka Saka Bahari Provinsi Banten telah menjalani latihan intensif selama 3 bulan dengan pelatih dari anggota Marinir Angkatan Laut.

“Mereka (17 orang, pen) yang melakukan pengibaran itu semua berasal anggota Pramuka dari mulai tingkatan Penggalang hingga Penegak yang berada di Provinsi Banten. Mereka memang sebelum melakukan pengibaran ini sudah dilatih intensif selama 3 bulan untuk mengetahui tentang teknik-teknik penyelaman yang baik lalu dilanjutkan teknik upacara dan pengibaran bendera melalui metode kode. Soalnya selama mengibarkan bendera itu mereka tidak mendengar lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dikumandangkan para peserta upacara,” terangnya panjang lebar.

Di akhir kegiatan, anggota Pramuka Kwarda Banten menggelar koreografi 91 di atas air Pantai Tanjung Lesung. Tampak hadir Danlanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, Danlanud Atang Sanjaya Bogor, Danlanal Provinsi Banten dan Dan Group 1 Kopassus Serang. (IY)