Portal Berita Online Indonesia

Tim Kesenian Kalteng Meriahkan Temu Karya Taman Budaya di Ambon

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Tim kesenian dari UPT Taman Budaya Kalteng ikut memeriahkan perhelatan ‘Temu Karya Taman Budaya’ se-Indonesia di Kota Ambon  Provinsi Maluku, yang digelar dari tanggal 12-16 September 2017.

“Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng melalui UPT Taman Budaya turut mengirimkan tim kesenian ke  Provinsi Maluku untuk mengikuti perhelatan nasional yakni Temu Karya Taman Budaya se-Indonesia,” kata Kepala Disbudpar Kalteng Guntur Talajan, Rabu (13/9).

Disampaikan, pada kegiatan temu karya taman budaya se-Indonesia kali ini mengambil  tema ‘Ekspresi Peradaban Kebangsaan’ yang juga dibalut dengan pameran besar seni rupa yang diikuti perwakilan provinsi se Indonesia, termasuk Provinsi Kalteng.

Perhelatan ini kata dia, merupakan agenda rutin tahunan dari taman budaya se-Indonesia yang bekerjasama dengan Kemendikbud Republik Indonesia dan Galeri Nasional Indonesia. Sekaligus pertemuan semua Kepala Taman Budaya se-Indonesia.

“Pada perhelatan ini, tim kesenian Kalteng akan mengikut acara yang diselenggarakan, selain ikut pawai budaya, juga turut  menampilkan tari tradisi dan tari pedalaman serta berpatisipasi ikut  pameran besar seni rupa. Ini juga menjadi ajang promosi seni budaya dan pariwista yang dimiliki Provinsi Kalteng,”ungkap dia.

Kontingen Kalteng itu sendiri sebut Guntur, menyertakan 20 personil dari sanggar seni ‘Kahanjak Huang’, yang sebelumnya telah mempersiapkan diri dalam mengikuti perhelatan temu karya taman budaya tersebut.

Guntur pun berharap, ke depan Provinsi Kalteng bisa menjadi tuan rumah ajang agenda rutin temu karya taman budaya se-Indonesia. Pasalnya provinsi dengan julukan Bumi Tambun Bungai ini, memiliki kekayaan seni dan budaya yang tak kalah dari daerah lain, termasuk kayanya kearifan lokal serta potensi daerahnya.(AF)

Editor : Hidayat