Rabu, 23 July 2014~00:26 WIB

Tim Eksaminasi Solusi Untuk Sengketa Lahan

 

MENARAnews, Palembang- Pemerintah akan membentuk tim eksaminasi untuk menyelesaikan sengketa tanah yang saat ini masih banyak terjadi di tengah-tengah masyarakat.

 

Menurut Gubernur Sumatera Selatan, Ir. Alex Noerdin, hingga September 2013 sebanyak 2.383 kasus dari 2.857 kasus sengketa tanah yang dapat diselesaikan. Untuk itu, pihaknya akan pro aktif mengambil inisiatif untuk menangani masalah sengketa tanah tersebut dengan menawarkan win-win solution.

Ia menambahkan, BPN RI akan membentuk tim eksaminasi untuk mencegah dan mempercepat penyelesaian sengketa tanah yang akan ditempatkan di tingkat Pusat dan kantor wilayah BPN.

“Tim eksaminasi akan melakukan penelitian, pemeriksaan, pengkajian dan akan memberikan rekomendasi berupa solusi terhadap persoalan, baik terkait konsep pemberian maupun konvensi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPN Wialyah Sumsel, Afrizal mengatakan bahwa dari 43 kasus yang ada baru 26 kasus yang diselesaikan.

“Masih banyak kasus yang belum di selesaikan,  seperti Mesuji dan alhamdulillah cinta manis hari ini lebih baik dari tahun kemarin,” katanya.

Afrizal menambahkan, kasus-kasus ini melibatkan masyarakat, contohnya konflik perkebunan, sehingga pihaknya akan berusaha mempertemukan kedua belah pihak dan akan melakukan pendekatan-pendekatan terus-menerus hingga dapat diselesaikan.

“Maka dari itu, jika ada pihak yang merasa benar, dapat diajukan ke pengadilan, sehingga masing-masing akan didapatkan win-win solution,” tutupnya. (FN)

 

 

 

 

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn