Portal Berita Online Indonesia

Peringati Hari Kemerdekaan, Lapas Way Kanan Beri Remisi bagi Narapidana

MENARAnews, Negri Baru Way Kanan (Lampung)– Kamis 17 Agustus 2017. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bukan hanya merupakan deklarasi kebebasan dari segala bentuk penindasan penjajah, lebih dari itu, momen tersebut juga dimaknai sebagai suatu komitmen dari seluruh rakyat Indonesia untuk membangun negara yang mandiri serta mampu memberikan perlindungan terhadap segenap tumpah darahnya.

Hal itu di sampaikan Bupati Way Kanan H Raden Adipati Surya, dalam pidatonya dihadapan 164 Warga binaan yang mendapatkan pengurangan masa tahanan (Remisi) dan terdapat  6 (enam) yang langsung dinyatakan bebas, saat membacakan sambutan tertulis Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Yasonna H. Laoly pada upacara pemberian Remisi yang berlangsung di Lapas kls II.B Kabupaten Way Kanan Kamis 17 Agustus 2017.

Tampak hadir pada upacara pemberian remisi tersebut, Wakil Bupati H. Edward Antony,  Dandim 0427/WK Letkol. Inf.Uchi Cambayong, Kapolres AKBP.Budi Asrul Kurniawan. S.IK serta para pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan

Pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana (remisi) bagi narapidana dan anak yang telah menunjukan prestasi, dedikasi,dan disiplin lebih tinggi dalam mengikuti program pembinaan dengan baik serta telah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, Ungkap Raden Adipati Surya.

Pemberian remisi terhadap narapidana dan anak pada hari ini, merupakan suatu bentuk tanggung jawab untuk terus menerus memenuhi kewajiban untuk ikut dalam pelaksanaan program pembinaan,Terangnya

Bagi seluruh narapidana yang mendapatkan remisi bebas, Raden Adipati Surya  berpesan, untuk berjanji pada diri sendiri untuk tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum, kembali kepada keluarga, dan menjadi  anggota masyarakat yang baik dan insan yang taat hukum.

Dalam sambutannya kepala Lapas kelas II.B Way Kanan Sutadi “melaporkan bahwa jumlah Narapidana yang diusulkan mendapatkan remisi sebanyak 184 orang, akan tetapi mendapat persetujuan dari Kemenkunham sebanyak 170 Narapidana yang mendapatkan Remisi pada HUT RI Ke 71 ini.

Adapun rincian jumlah Narapidana yanaga da di Lapas Kelas II b Kabupaten Way Kanan ini sebanyak, Tahanan laki-laki Dewasa 146 Orang,  Perempuan Dewasa 5 Orang dan Anak laki-laki 1 Orang, jumlah 152 orang, sedangkan, jumlah Narapidana yang ada saat ini Laki-laki dewasa 227 orang, Perempuan dewasa 3 oreang dan anak pidana 5 orang jumlah 225 orang jaid total jumlah tahanan dan narapidana yang ada sebanyak 387 orang.(DA)