Portal Berita Online Indonesia

Pemkab Demak Canangkan Gerakan Bersih Seribu Masjid

MENARAnews, Demak (Jateng) – “Saya minta nantinya dari 825 masjid di Kabupaten Demak mendapat giliran untuk dibersihkan,” kata Bupati Demak HM. Natsir secara resmi membuka kegiatan pencanangan Gerakan Bersih 1.000 Masjid di Massjid Baitul Muttaqin Dukuh Ngacir, Desa Kebonsari, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak kemarin, Senin (4/9).

Bupati sangat apresiatif dengan Gerakan Bersih 1.000 Masjid karena gerakan tersebut selaras dengan program pemerintah Kabupaten Demak dalam bidang kebersihan lingkungan, terutama suksesnya slogan “Satu Sampah Sejuta Masalah” guna meraih Adipura.

Natsir berharap Gerakan Bersih 1.000 Masjid ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. ”Tidak hanya gaungnya saja yang terdengar namun setelah itu tidak ada tindak lanjutnya,” jelas Natsir.

Pada akhir sambutannya Natsir meminta kepada seluruh peserta untuk dapat secara berkelanjutan peduli dengan kebersihan lingkungan termasuk lingkungan rumah dan tempat ibadah seperti mushola dan masjid.

”Kegiatan ini diresmikan untuk seluruh masjid yang ada di Kabupaten Demak dan untuk menstimulasi gerakan merawat masjid sebagai tempat yang suci serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat yang merupakan tanggung jawab bersama”, terang Kepala kantor Kementrian Agama Kabupaten Demak Drs. Muhammad Tobiq, M.Si.

”Manfaat kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah ”Satu Sampah Sejuta Masalah” dan terjalinnya silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat”, pungkas Tobiq.

Pada kesempatan itu juga diserahkan bantuan dari Baznas Kabupaten Demak berupa 60 paket berisi 5 Kg beras dan uang Rp 50 ribu. Dari penyuluh Kemenag berupa satu ekor kerbau dan Dinas Lingkungan Hidup berupa 100 bibit pohon sawo. (Nap)