Portal Berita Online Indonesia

MTQ Tingkat Kabupaten Demak Tahun 2017 Resmi Dibuka Hari Ini

MENARAnews, Demak (Jateng) -Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Demak Tahun 2017 secara resmi dibuka oleh Bupati Demak HM. Natsir di pendopo kabupaten Demak hari ini, Selasa (5/9).

Pada kesempatan tersebut Bupati menekankan bahwa penyelenggaraan MTQ merupakan upaya menumbuhkan kecintaan umat kepada Al-Qur’an melalui kegiatan yang memadukan seni, ilmu, dan agama. “Ketiganya harus mewujud dalam diri seseorang, baik sebagai pribadi maupun sebagai kelompok. Melalui kegiatan semacam ini, akan diperoleh kemampuan untuk lebih memahami makna dan isi Al-Qur’an yang dengan sendirinya juga mengetahui cara mengamalkannya,” jelas Natsir.

Bupati berpesan kepada seluruh peserta bahwa sebagai masyarakat Demak yang terkenal dengan sebutan Kota Wali, kita harus mampu mensinergikan dan mengaplikasikan dengan baik antara Imtaq dan Iptek. “Dengan demikian, akan tercipta masyarakat yang tidak hanya cerdas dan pintar menguasai Iptek, tetapi juga generasi yang berjiwa qurani yang selalu menjadikan Al Quran sebagai pedoman hidup,” terangnya.

Bupati turut meminta kepada seluruh dewan juri untuk memberikan penilaian se-obyektif mungkin. “Jangan memihak kepada salah satu peserta karena pemenang Musabaqah Tilawatil Quran ini akan diikutsertakan ke tingkat Provinsi Jawa Tengah,” pungkasnya.

Sementara itu Plt. Kabag Kesra Anang Ruhiyat, AP selaku Ketua Penyelenggara menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan tersebut yaitu meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan Al Quran, meningkatkan syiar dan ukhuwah islamiyah, melestarikan seni dan budaya Qurani serta mencari Qori/Qoriah potensial yang akan mewakili kabupaten Demak ke tingkat Provinsi dan bahkan diharapkan dapat mengikuti tingkat nasional.

”Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 5 sampai 6 September 2017. Lomba tersebut terbagi dalam tujuh tempat, yaitu pendopo depan, pendopo belakang, gedung Binapraja, ruang rapat staf ahli, ruang pertemuan Dinpermades P2KB, ruang pertemuan Bappeda dan Litbang serta ruang pertemuan Dindagkop dan UMKM,” tambah Anang.

”Kegiatan yang mengusung tema ”Mari Membaca, Memahami dan Mengamalkan Al Quran” ini diikuti 449 peserta yang merupakan juara di tingkat kecamatan,” pungkas Anang. (Nap)