Lakukan Aksi Heroik Di Pesawat, Empat Dokter Dapat Penghargaan Dari Menhub

Menaranews, DKI Jakarta – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memberikan penghargaan kepada empat dokter yang menyelamatkan penumpang sakit saat pesawat lepas landas.

Keempat dokter tersebut sebelumnya menjadi tranding perbincangan di media sosial setelah melakukan aksi heroik tersebut. Mereka adalah Nazar, Didik K Wijayanto, Suhara Manullang dan Fika Ekayanti.

“Saya atas nama pribadi juga sebagai menteri, mengucapkan terima kasih sekali kepada para dokter yang sudah menyelamatkan penumpang. Hal ini adalah sesuatu contoh yang baik untuk kejadian yang terjadi di udara,” ucapnya saat acara pemberian apresiasi kepada para dokter heroik di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (7/8).

Kejadian tersebut bermula saat penerbangan GA 567 dengan tujuan Balikpapan-Jakarta yang hampir mendarat, di sana ada seorang penumpang yang tak sadarkan diri. Tak tau cara memberikan pertolongan, kru pesawat mengumumkan adakah dalam pesawat ini yang berprofesi sebagai dokter.

Mendengar hal tersebut, sontak keempat dokter itu yang juga tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) berdiri dan memberikan pertolongan.

Belajar dari kejadian ini, Budi berharap nantinya ada standar pelatihan bagi para kru pesawat untuk mengantisipasi kejadian serupa nantinya terulang kembali.

“Jadi ini kita bisa kerjasamakan untuk pelatihan bagaimana memberikan pertolongan pertama kepada para penumpang dalam keadaan emergency. Ini penting karena pertolongan respon cepat itu sangat menentukan,” katanya.

Sementara itu, dokter Nazar menyatakan apa yang ia dan rekan-rekannya lakukan adalah sebuah tugas sebagai seorang dokter. Ia pun bersyukur dapat membantu penumpang yang membutuhkan pada waktu yang tepat.

“Jadi ini cuma suatu kebetulan. Kita ada disaat yang tepat, saat penumpang itu membutuhkan,” katanya. (ZH)

Berita Terkait More News