Portal Berita Online Indonesia

Kementerian PUPPR Segera Perbaiki Jembatan Pulau Telo

MENARAnews, Kuala Kapuas (Kalteng) – Jembatan Pulau Telo Kabupaten Kapuas yang selama ini mengalami kerusakan, dalam waktu segera akan diperbaiki oleh Kementerian PUPR Balai Pelaksana Jalan Nasional XI Kalimantan Selatan.

Sebelum melakukan perbaikan jembatan tersebut, pada Senin (21/8/2017), pihak Kementerian PUPR Balai Pelaksana Jalan Nasional XI Kalimantan Selatan beserta Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas, Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya melakukan peninjauan jembatan yang menghubungkan Kota Kuala Kapuas dan Palangka Raya itu.

Bidu, selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bereng Bengkel – Pilang – Pulang Pisau– Kapuas – batas Provinsi Kalsel, Kementerian PUPR Balai Pelaksana Jalan Nasional XI Kalimantan Selatan mengatakan, rehabilitasi Jembatan Pulau Telo dilakukan mulai dari pengecetan, perbaikan baut-baut jembatan maupun perbaikan lainnya.

Sedangkan untuk pengaspalan dan pergantian tiang jembatan dalam waktu segera akan dilaksanakan. “Untuk pengaspalan lantai jembatan dan pergantian tiang kita lakukan dalam waktu segera,” katanya.

Jembatan Pulau Telo merupakan salah satu dari beberapa jembatan yang ada di Kabupaten Kapuas sebagai penghubung Provinsi Kalteng ke Provinsi Kalimantan Selatan yang paling terdekat. Jembatan ini sendiri memiliki panjang 580 meter terdiri dari 9 bentang dimana bentang 60 meter sebanyak 8 buah dan bentang utama 100 meter sebanyak 1 buah.

Jembatan ini sendiri sekarang mengalami kerusakan pada lantainya dimana posisi kerusakannya berada di tengah atau bentang utama yaitu sepanjang 100 meter. Lantai jembatan yang rusak itu nantinya akan dibongkar dan diganti dengan lantai pracetak jenis doble tee.

Nah, mengingat Jembatan Pulau Telo merupakan salah satu jembatan penghubung antar provinsi, maka dalam pelaksanaan pekerjaan perbaikan jembatan tersebut akan dilakukan dengan cara buka tutup satu lajur. Penutupan satu lajur jembatan dijadwalkan sejak 1 Oktober sampai dengan 30 Nopember 2017. (irf)

Editor: Hidayat