Joko Sutanto: Gerakan Pramuka Agar Beri Kontribusi Nyata

MENARAnews, Demak (Jateng) – Melalui Wakil Bupati Demak, selaku pembina upacara, Bupati Demak HM. Natsir menyampaikan bahwa sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda Gerakan Pramuka dituntut untuk dapat memberikan kontribusi nyata dalam kehidupan, terutama dalam menyelesaikan masalah kaum muda. Pemuda diharapkan mampu mendukung program dan kegiatan pemerintah dalam segi pembangunan di Kabupaten Demak sesuai dengan visi misi Bupati Mengembangkan Kapasitas Pemuda, Olahraga dan Seni Budaya.

Wakil Bupati Demak Drs. Djoko Sutanto secara resmi membuka kegiatan Pameran Prestasi Hasil Karya Pemuda, Jambore Cabang Tahun 2017 di lapangan Desa Bogosari Kecamatan Guntur Kabupaten Demak, Jumat (11/8).

“Kakak sangat bersyukur karena Pramuka hingga saat ini masih eksis memberikan sumbangsihnya bagi kemajuan pembangunan, khususnya di Kabupaten Demak. Harapan Kakak, dengan diadakannya kegiatan ini akan lebih menggelorakan semangat patriotisme, kepeloporan, kedisplinan, serta persatuan dan kesatuan yang tertanam dalam jiwa setiap anggota Praja Muda Karana,” ungkap Joko Sutanto.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati mengajak semua peserta jambore untuk ikut mensukseskan program Pemerintah Kabupaten Demak di bidang pembinaan umat di masyarakat. Yaitu membudayakan gerakan ”Maghrib Matikan TV Ayo Mengaji”. Gerakan tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab untuk membiasakan serta membudayakan anak-anak termasuk masyarakat Demak untuk membaca dan mengkaji Al-Quran guna meningkatkan penghayatan pada agama dalam sendi-sendi pelaksanaan pembangunan daerah.

”Kakak minta peserta jambore untuk tidak membuang sampah di sembarang tempat. Usai mengikuti kegiatan ini kakak minta agar adik-adik sekalian tidak meninggalkan sampah di arena kegiatan. Jagalah kebersihan. Karena ”Satu Sampah Sejuta Masalah, Maka Ayo Letakkan Sampah Pada Tempatnya”. Mari bersama kita dukung Demak Meraih Adipura. Bersama kita wujudkan Kabupaten Demak yang bersih, elok, rapi, anggun, maju, aman dan lestari”, pungkas Joko.

Disamping itu, Ketua Pelaksana kegiatan, Suharno menjelaskan bahwa bentuk kegiatan yang dilaksanakan pada 10 s.d. 14 Agustus 2017 ini merupakan kegiatan berkemah yang di dalamnya terdapat kegiatan wawasan, kegiatan wisata, kegiatan keagamaan dan penampilan seni budaya. ”Panitia penyelenggara merupakan unsur gabungan dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak bekerjasama dengan Kwartir Cabang Demak dan masyarakat desa Bogosari Guntur Demak”, tambah Suharno.

”Kegiatan dengan jumlah peserta sejumlah 1.200 orang yang terdiri dari perwakilan pramuka penggalang, pembina pendamping utusan kwarran se-Kabupaten Demak tersebut dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Demak, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak, camat se-Kabupaten Demak dan pengurus andalan kwartir cabang Demak”, terangnya. (Nap)

Berita Terkait More News