Portal Berita Online Indonesia

HUT Kemerdekaan RI Ke-72, Ada Upacara Bendera Lintas Suku dan Agama di Medan

MENARAnews, Medan (sumut) — Masyarakat dari berbagai suku, agama dan ras berkumpul di Graha Maria Annai Velangkanni, Medan, Kamis (17/8/2017) untuk menggelar upacara HUT Kewmerdekaan RI ke-72.

Mereka datang menggunakan berbagai pakaian khas dari berbagai adat. Upacara kali ini digelar dengan mengangkat tema “Satu dalam keberagaman (Unity in Diversity)”

“Ini kita gelar untuk menyatakan bahwa Indonesia itu satu yakni bangsa yang didalamnya terdapat berbagai suku, agama dan ras,” kata panitia Mei Leandha.

Sebelum upacara dimulai, peserta menandatangani komitmen “Indonesia Satu” di atas kain berwarna putih yang disediakan oleh panitia.

“Ini menggambarkan komitmen kita untuk Indonesia yang tetap satu. Kita harus mengikis egoisme individu yang belakangan ini banyak dikaitkan dengan SARA,” ujarnya.

Upacara di Graha Maria Annai Velangkanni ini dimulai pukul 09.00 WIB degan Pastor Yosafat Ivo Sinaga, OFM, CAP sebagai inspektur upacara, pemimpin upacara sendiri yakni Zuirdesie Sitohang.

Lagu Indonesia raya dikumandangkan oleh paduan suara Ave Verum dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Anggota DPRD Sumatera Utara Sutrisno Pangaribuan. (yug)