Huma Betang Damang Batu, Salah Satu Saksi Sejarah Dayak Kalteng

MENARAnews, Palangka Raya (Kalteng) – Siapa yang tidak tau Tumbang Anoi khususnya bagi masyarakat Kalteng, sebab Tumbang Anoi adalah daerah yang memiliki sejarah penting bagi masyarakat Kalteng, namun taukah anda, bahwa selain tempat bersejarah terdapat pula objek wisata yang wajib dikunjungi yaitu di daerah tersebut, yakni Huma Betang Damang Batu.

Dalam rangka memberikan perhatian terhadap tempat wisata bersejarah tersebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng melakukan kunjungan yang dilaksanakan pada Sabtu (17/06). Rombongan disambut oleh Kepala Desa Tumbang Anoi dan juga Lurah Marikoi.

“Kunjungan ini, merupakan program akan sadar wisata terutama wisata bersejarah yang perlu dilestarikan dan dijaga keasliannya,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi, Guntur Talajan, menekankan kepada semua pihak, Senin (19/06).

Dia juga mengatakan, Betang Damang Batu adalah saksi bisu dimana terjadinya perjanjian perdamaian Tumbang Anoi 1894, sehingga betang tersebut bisa dikatakan sangat bersejarah dan memiliki nilai historis yang tinggi.

“Pelestarian wisata tidak hanya wisata alamnya saja melainkan juga perlu ada langkah dalam pelestarian cagar budaya, salah satunya Huma Betang Damang Batu ini,” tegasnya.

Dia juga sedikit membeberkan akses infrastruktur menuju Huma Betang Tumbang Anoi tersebut dimana saat ini perjalanan menuju objek wisata tersebut bisa ditempuh melalui jalur darat.

“Dari kuala Kurun bisa ditempuh kurang lebih 4 jam, namun apabila ingin mengunjunginya disarankan jangan pada waktu setelah hujan karena jalannya cukup licin,” bebernya.(AF)

Editor: Hidayat

Berita Terkait More News