Portal Berita Online Indonesia

Hadapi Tantangan Global, Pemkab Demak dan UPGRIS Jalin Kerjasama

MENARAnews, Demak (Jateng) – Bupati menyatakan Pemkab Demak merespon positif kesepakatan kerjasama dengan Universitas PGRI Semarang. Mengingat di masa mendatang, tantangan dan permasalahan yang dihadapi akan semakin kompleks. Sehingga harus ada peningkatan SDM dan teknologi untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Bupati Demak HM. Natsir menghadiri acara Penandatanganan Nota Kesepahaman/MoU antara Rektor Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang (UPGRIS) dengan Bupati Demak tentang Kerjasama Pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Demak yang dilanjutkan dengan Seminar Pengembangan Profesi Bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Kabupaten Demak di Pendopo kabupaten Demak hari ini, Senin (14/8).

“PGRI berperan maksimal, dinamis, dan prospektif di bidang pendidikan. Sistem dan praktek pendidikan yang berkualitas hanya akan lahir apabila terdapat guru yang profesional didalamnya dan memiliki kompetensi. Guru berperan besar dalam pembangunan manusia yang cerdas dan bermartabat,” imbuh Natsir.

Lanjut Natsir, sudah menjadi kewajiban semua pihak, khususnya insan pendidikan, untuk peduli dan berperan aktif dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Demak. Terlebih PGRI sebagai payungnya para guru, hendaknya dapat lebih menunjukkan kegiatan yang nyata manfaatnya demi mewujudkan insan-insan masa depan yang berprestasi, berkompeten, berkualitas, cerdas, kreatif serta inovatif.

“Mempersiapkan SDM yang kompetitif bukan pekerjaan mudah yang dapat dilakukan secara instan. Akan tetapi apabila pendidik mampu membekali siswa dengan pengetahuan serta keterampilan yang memadai, maka siswa akan memiliki rasa percaya diri serta motivasi yang tinggi untuk mengembangkan diri secara optimal sehingga mampu bersaing secara global,” pungkasnya.

Disamping itu, Rektor Universitas PGRI Semarang Dr. Muhdi, SH, M.Hum menyatakan bahwa bentuk kerjasama Pemkab Demak dengan UPGRIS tidak terbatas pada aspek pendidikan tetapi juga dalam aspek penelitian. Di bidang penelitian, UPGRIS telah menciptakan genset tenaga surya sehingga penggunaan listrik sangat bisa diminimalisir.

“Di bidang pendidikan UPGRIS memberikan perlakuan khusus kepada para pendidik yang ingin meningkatkan kualifikasi pendidikannya ke S-1 atau S-2, yaitu berupa pembiayaan yang fleksibel”, lanjut Muhdi.

Sekretaris PGRI Kabupaten Demak Sapon, S. Pd, M. Pd. turut menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan SDM.

“Acara tersebut dihadiri seratus peserta dari unsur PGRI kecamatan dan kabupaten,” terang Sapon. (Nap)