DD Tahap I Sebesar Rp 157 Miliar Mulai Dicairkan

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Dana Desa (DD) bagi 326 desa di Kabupaten Pandeglang, hari ini mulai dicairkan ke masing-masing rekening kas desa. Tercatat Pemerintah Kabupaten Pandeglang telah menerima anggaran sebesar Rp 157 miliar, untuk pembagian DD tahap pertama sejak Kamis (15/06/2017) pekan lalu.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Pandeglang, Ramadani menyebutkan, meski DD tahap pertama sudah diterima, namun pada hari ini baru 8 kecamatan yang mengajukan pencairan DD.

“Mulai Hari ini (Senin, red) kami memulai transfer DD ke semua desa, sampai sekitar pukul 09.00 Wib yang sudah selesai saya tanda tangani Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). Kedelapan kecamatan tersebut, diantaranya Kecamatan Banjar, Cimanuk, Madalawangi, Jiput, Pagelaran, Bojong, dan Kecamatan Cimanggu,” sebutnya kepada awak media usai melaksanakan Salat Zuhur di Masjid Ar-Rahman, (19/6/2017).

Proses pencairan ini, akan memakan waktu selama 7 hari. Hal itu berdasarkan ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2015 tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN, yang menyebutkan jika pencairan harus diselesaikan sampai 7 hari kerja. Akan tetapi pada tanggal 23 Juni mulai cuti bersama, maka proses itu dipercepat hanya sampai tanggal 22 Juni.

“Uangnya kan kami terima dari kas negara itu pada hari Kamis (15/6/2017) dan tanggal 22 itu terakhir harus kami transfernya. Kalau total yang ditransfer dari pusat itu sekitar Rp 157 miliar lebih untuk 326 desa,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Ramadani menekankan kepada seluruh Kepala Desa untuk segera mengajukan pencairan DD. Lebih jauh mantan Kepala BPMPD itu pun mengingatkan penerima DD, berpegang teguh pada aturan yang berlaku dan tidak menyalahgunakan bantuan. Karena DD pada hakikatnya digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, melalui pembangunan jalan desa, pos yandu, taman pintar dan kegiatan lainnya.

“Intinya DD itu tidak boleh digunakan untuk kepentingan diluar program. Untuk mengantisipasi jelang lebaran ini supaya tidak disalah gunakan, nanti saya akan koordinasi dengan camat-camatnya supaya melakukan monitoring karena camat lebih tau dilapangan,” pesannya. (Kr)

 

Editor: Irdan

Berita Terkait More News