Portal Berita Online Indonesia

BPBD dan Kodim Mulai Dropping Air Bersih

MENARAnews, Demak (Jateng) — Kodim 0716/Demak bersama BPBD Kab. Demak melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial dalam rangka menanggulangi bencana kekeringan dengan memberikan bantuan air bersih bagi masyarakat di wilayah yang mengalami krisis air bersih. Tak ubahnya agenda di tahun-tahun sebelumnya, memasuki musim kemarau selalu diikuti kekeringan di sejumlah desa wilayah Demak. Maka dari itu, Kodim 0716/Demak bekerjasama dengan BPBD untuk mendistribusikan air bersih ke Desa Baleromo di Kecamatan Dempet Kab. Demak hari ini (29/8).

Kodim 0716/Demak bersama BPBD telah mengirimkan delapan unit mobil tangki air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Adanya kekeringan dan krisis air bersih di sejumlah wilayah Kab. Demak juga bisa memicu ancaman dan bencana bahaya kebakaran rumah. Oleh karena itu droping air bersih ke desa-desa yang terdampak bencana kekeringan sudah dimulai dan dilakukan oleh Kodim 0716/Demak dan BPBD.

Komandan Koramil 04/Dempet Kapten Inf Bambang S didampingi oleh Suprapto Kasi Kedaruratan BPBD Demak menyampaikan bahwa saat ini wilayah Demak mengalami krisis air bersih akibat dari kekeringan, dalam sehari saja ada 2 sampai 3 tangki air dikirim ke desa-desa yang memintanya. “Dari tiga unit mobil tangki air yang didrop ke setiap kecamatan merupakan langkah yang tepat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih di setiap desa,” ungkapnya.

Bambang juga menyampaikan bahwa meskipun sudah banyak air yang didistribusikan, pihaknya tetap akan memberikan bantuan kemasyarakat yang membutuhkannya.

Secara simbolis telah diberikan bantuan air bersih sebanyak 8 tangki dari BPBD dan Kodim 0716/Demak kepada masyarakat warga Desa Baleromo RT 1/1 Kec. Dempet Kab. Demak.

BPBD dan Kodim 0716/Demak telah menyiapkan anggaran untuk bencana kekeringan meskipun semua anggaran berada di Disnakertransos.

“Disnakertransos dan BPBD Demak tetap berhemat dalam memberikan droping air bersih. Itu dilakukan karena keterbatasan fasilitas tangki air yang dimiliki cuma 8 unit. Oleh karena itu pula, strategi pendistribusian bantuan air bersih sesuai kebutuhan dan permintaan yang telah di data dari Kodim 0716/Demak,” tutup Bambang. (nap)