Panen Padi Raya, Dinpertan Persiapkan Brigade Alsintan

MENARANEWS (Demak) – Seluas 89 Ha, Desa Jamus Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak, melaksanakan panen padi raya yang dihadiri Bupati Demak, dr. H Eisti’anah dan didampingi PLT Dinpertan, Agus Herawan, M.M., pada Senin(9/08/21).

Dalam acara dilaksanakan dengan protab covid -19 ketat tersebut, Agus Herawan menyampaikan bahwa progres swasembada pangan yang digenjot Pemerintah Daerah Demak semakin meningkat dari tahun ke tahun, terutama untuk padi varietas lokal.

“Jenis-jenis padi varietas lokal menjadi perhatian khusus Dinas Pertanian Pangan Demak untuk dikembangkan luasan tanamnya karena memiliki beberapa keunggulan-keunggulan tertentu, antara lain lebih tahan hama, cuaca dan kondisi tanah di Demak serta lebih digemari oleh masyarakat Demak,” ucap Agus Herawan.

Untuk meningkatkan produktivitas tanaman pangan, lanjutnya, Dinas Pertanian Pangan Demak juga mempersiapkan brigade alsintan yang sudah mulai disalurkan ke petani.

Pihaknya berharap, agar kedepannya petani-petani muda di Demak lebih giat dan bersemangat untuk kembali turun ke sawah-sawah yang sudah dicetak oleh Pemkab melalui Dinpertan, mengingat peralatan pertanian modern sudah dipersiapkan oleh Dinpertan.

“Harapan kami, hasil pertanian dapat ditingkatkan produktivitasnya untuk menjamin kekuatan pangan dimasa mendatang mengingat saat ini Indonesia juga mengalami pandemi Covid-19 untuk menjamin ketahanan pangan,” ucapnya.

Pada panen padi raya tersebut menghasilkan rata-rata padi varietas jenis Inpari Nutri Zinc, mencapai 4,91 ton/ha gabah kering giling (GKG) yang kemudian dikhususkan untuk anak stunting.

Adapun sebagai informasi, sehari sebelumnya, Minggu (8/8/21) kelompok tani Pambudi Luhur Jamus, Kecamatan Mranggen, juga melakukan panen padi varietas lokal Dadahup dan Mapan 01 dari bantuan pemerintah yang ditanam bulan April lalu, dengan total luas lahan mencapai 25 Ha. (NSN)

Comments
Loading...