Kini Cetak KK, Akta Kelahiran dan Kematian Bisa di Rumah, Ini Caranya

MENARAnews, Jakarta –  Mengurus KK dan Akta Kelahiran/Kematian terkadang menjadi sesuatu yang cukup rumit bagi sebagian orang. Namun kini, dengan adanya inovasi yang dilakukan oleh Dukcapil, masyarakat tidak perlu lagi bersusah payah mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil)

Inovasi tersebut memungkinkan masyarakat untuk mencetak dokumen tersebut secara mandiri dengan sebuah kertas putih polos jenis HVS A4 80 gram. Walaupun hanya dicetak di selembar kertas, dokumen tersebut masih memiliki kekuatan hukum.

Hal ini dikarenakan dokumen tersebut memiliki kode pemindai berbentuk quick response (QR) yang terletak di pojok kanan bawah dari kertas tersebut. Kode ini ibarat tanda tangan elektronik yang menggantikan  tanda tangan dan cap basah yang sebelumnya dicetak dengan security printing.

Untuk mengecek keaslian dokumen, langkah yang dilakukan sangatlah mudah, yaitu dengan mengarahkan kamera smartphone ke kode QR. Secara otomatis akan diarahkan ke laman situs www.dukcapil.kemendagri.go.id

Apabila dokumen tersebut asli, maka pemindai akan memunculkan simbol centang warna hijau dan tertulis dokumen aktif. Namun apabila dokumen palsu, akan menampilkan tanda centang warna merah.

Berikut cara mencetak dokumen secara mandiri.

  1. Buka laman situs www.dukcapil.kemendagri.go.id atau aplikasi layanan kependudukan yang dibuat oleh kantor Dukcapil dimana anda tinggal. Setelah itu ajukan permohonan pencetakan dokumen
  2. Masukkan nomor ponsel dan alamat email yang aktif anda gunakan, karena dokumen kependudukan dalam format PDF akan dikirim ke alamat tersebut.
  3. Setelah permohonan diproses oleh Disdukcapil, aplikasi SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) akan mengirim pemberitahuan yang berisi informasi link laman situs Dukcapil dan PDF
  4. Dalam pemberitahuan yang telah dikirim tersebut, pihak dinas juga mencantumkan PIN (Personal Identification Number) yang nantinya akan digunakan untuk membuka layanan tersebut.
  5.  Buka link aplikasi yang telah dikirim, kemudian masukkan PIN untuk masuk kedalam aplikasi dan melihat dokumen. Periksa kembali dokumen tersebut. Apabila ada kekurangan bisa melapor ke laman www.dukcapil.kemendagri.go.id
  6. Download dan simpan dokumen tersebut untuk dicetak sesuai kebutuhan

(AF)

Comments
Loading...