spot_img

Pabrik Bir Berusia 5.000 Tahun Ditemukan di Mesir

MENARAnews.com, (Mesir) – Tim arkeolog kerjasama Amerika-Mesir menemukan pabrik bir berusia 5.000 tahun yang dengen kapasitas produksi sekitar 5.900 galon bir sekaligus. Menurut penelitian, bir tersebut diyakini digunakan untuk kebutuhan konsumsi dan ritual pemakaman raja – raja Mesir kuno.

Dalam rilis yang ditulis pada Facebooknya, Kementrian Pariwisata dan Purbakala Mesir menguraikan bahwa pabrik pembuatan bir tersebut berada di kota kuno Abydos, di Kegubernuran Sohag, Mesir. Pembuatannya sediri diperkirakan dilakukan pada masa Raja Narmer, sekitar 3.1000 SM.

Pabrik bir kuno tersebut memiliki delapan bagian dengan masing-masing terdiri dari 40 pot tanah liat yang ditempatkan di dua ruangan. Tong digunakan untuk memanaskan campuran biji-bijian dan air yang akan digunakan dalam produksi bir.

Seperti dilaporkan oleh Deutsche Welle (DW), Tim arkeolog yang dikomandoi Dr. Matthew Williams dari New York University, AS menjelaskan bahwa tempat pabrik bir tersebut “mungkin dibangun khusus untuk mendukung acara ritual kerajaan yang berlangsung di dalam fasilitas pemakaman raja-raja Mesir.”

Penyebaran informasi hasil temuan pabrik bir kuno ini dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir guna menarik wisatawan ke negara yang berada di Afrika tersebut. Seperti diketahui bahwa pasca pandemi Covid-19 yang terjadi hampir satu tahun ini, menyebabkan industri pariwisata Mesir cukup terpuruk.

Menurut data yang ada, jumlah wisatawan yang mengunjungi negara piramida itu turun dari 13,1 juta pada 2019 menjadi 3,5 juta tahun lalu, dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Dengan temuan situs tersebut, diharapkan akan membantu meningkatkan kembali pariwisata negara begitu penerbangan dan perjalanan dapat dilakukan dengan aman. (NT)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,044PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles