spot_img

Diskomsantik Pandeglang Beberkan Penyebab Situs Web PPID Diretas

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Situs Web (Website) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Pandeglang tidak bisa diakses sejak pagi hingga siang hari, (8/02/2021). Pasalnya, situs web tersebut mengalami gangguan akibat ulah dari peretas yang tidak bertanggung jawab.

Dalam tampilan situs web PPID Pandeglang, tampilan utama situs web tersebut berubah dan muncul keterangan “Hacked By Ryan1337 ft BabyCode”. Kemudian setelah beberapa jam situs diakses kembali, muncul tampilan “Halaman ini tidak berfungsi ppid.pandeglangkab.go.id saat ini tidak dapat menangani permintaan ini. HTTP ERROR 500”. Kini, situs web tersebut sudah bisa diakses kembali.

Saat dikonfirmasi, Kepala Seksi Informatika pada Dinas Komunikasi, Informatika, Sandi, dan Statistik (Diskomsantik) Pandeglang, Eval Arival mengatakan, pihaknya mengakui bahwa situs web PPID diretas dan langsung sigap melakukan perbaikan terhadap situs tersebut.

“Jelas dihack, seperti pada tampilan situs web. Alhamdulillah cepat terdeteksi. Ada file index yang dihack,” ungkapnya.

Ia menegaskan, kejadian peretasan baru pertama kali dialami pada situs web PPID Pandeglang. Pihaknya mengapresiasi perhatian dari masyarakat terkait adanya informasi peretasan situs web milik Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

“Sebelumnya belum ada informasi seperti ini. Alhamdulillah ada info begini (peretasan), berarti ada perhatian,” tutupnya. (IY)

Related Articles

Stay Connected

0FansSuka
3,045PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles