Kapolres Demak : Keberhasilan Polri Menekan Angka Kriminalitas Berkat Dukungan Masyarakat

MENARANEWS -(Demak) Dipenghujung 2020, Polres Demak menggelar pers rilis ungkap kasus yang telah diselesaikan selama tahun 2020, di Rupatama Polres Demak, Kamis (31/12/20).

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Demak, AKBP Andika Bayu Adittama menyampaikan bahwa dalam kurun tahun 2020, jajaran Polres Demak berhasil menyelesaikan berbagai kasus, baik dari kesatuan narkoba, reskrim dan lalu lintas.

Untuk kasus yang ditangani kesatuan Narkoba, Kapolres menyampaikan apresiasi, dimana dalam waktu satu tahun mampu tuntas menyelesaikan 100% kasus sampai tuntas.

“Pada kasus narkoba, dari 45 kasus yang dilaporkan, Satnarkoba berhasil mengungkap 45 kasus dengan menangkap 47 tersangka, serta berbagai jenis barang bukti narkoba, seperti sabu, miras dan 28 ribu butir obat berbahaya, sehingga 100% kasus tuntas diselesaikan,” terang Kapolres.

Sementara itu dari Satuan Lalu Lintas telah berhasil menekan jumlah pelanggaran lalu lintas, dimana tindakan penilangan turun 38 % ditahun 2020 dengan 27.208 tilang, jkka dibandingkan dengan tahun 2019 sebanyak 44.400 pelanggaran.

Di jajaran Satreskrim Polres Demak, juga berhasil menekan angka kriminalitas, dimana pada tahun 2019 terdapat 255 kasus, sedangkan tahun 2020 menangani 131 kasus, atau turun sebanyak 124 kasus (48%), termasuk kasus PPA.

“Dimana untuk kasus di Unit PPA Polres Demak pada tahun 2020 dari 20 kasus, sudah selesai 17 kasus, dan masih ada 3 masih dalam kasus diselesaikan,” ucap Kapolres.

Satreskrimpun pada tahun 2020, telah mendapatkan award dari LBH APIK atas kinerja yang cepat dan responaif dari Unit PPA dalam penanganan terkait kasus tindak perkosaan anak dibawah umur, termasuk mudahnya Paralegal yang mengawal kasus berkoordinasi dengan Polres Demak dalam mengawal kasus.

Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan menyampaikan bahwa keberhasilan menekan jumlah kriminalitas tidak lepas dari peran dari berbagai elemen dan masyarakat yang peduli terhadap keamanan dan kenyamanan kabupaten Demak, selain gencarnya kegiatan patroli bersama TNI dan Satpol PP yang rutin dilaksanakan setiap hari.

“Kita melakukan patroli rutin bersama instansi terkait di daerah-daerah serta melakukan sosialisasi, operasi yustisi covid, kita percaya hal tersebutampu menekan kriminalitas,” pungkas Kapolres. (Key)

Comments
Loading...