Simulasi Pembukaan Pasar Rakyat, Diana Ria Siap Patuhi dan Terapkan Protab Covid-19

MENARANews (Demak) Menindak lanjuti audiensi P3MI dengan forkopimda Kab Demak terkait permohonan dibukanya kembali pasar rakyat, maka Bupati bersama forkopimda melakukan peminjauan persiapan simulasi dibukanya pasar rakyat di Lapangan Desa Gajah, Kamis (17/9/20)

Setelah berkeliling meninjau persiapan stimulasi tersebut, Forkopimda pun menyampaikan apresiasi pada tim pengelola pasar rakyat Diana Ria, serta memberikan catatan dan masukan terkait apa saja yang mesti perlu ditambahkan dan diperhatikan bilamana pasar rakyat dibuka.

“Jadi ini simulasi dulu, kalau nanti ternyata pada perjalanan kok tidak sesuai dengan rencana, ya kita tutup lagi. Karena apa yang penting kita sehat dulu. Evaluasi satu minggu,” ucap Bupati Demak.

Natsir menyampaikan, berbagai persiapan protokol kesehatan dalam pasar rakyat tersebut sudah dilakukan. Seperti halnya, tempat cuci tangan, pengecekan suhu badan, dan pembatasan berbagai aktivitas.

“Beberapa permainan aman, namun harus tetap ditingkatkan protokol kesehatannya. Misalnya wahana bianglala biasanya ditempati empat orang sekarang cukup dua,” ujar Natsir didampingi forkopimda.

Bupati Mencoba Salah Satu Stand

Natsir menambahkan, aktivitas di pasar malam tersebut selanjutnya akan dipantau oleh pihak Polres dan Kodim 0716/Demak. Pernyataan itupun diamini oleh Dandim 0716 Demak, Letkol M Ufis juga Kapolres Demak AKBP Andika Bayu Adittama, serta Ketua PN dan perwakilan dari Kejari Demak yang turut hadir dalam pelaksanaan tersebut.

Sementara Ketua DPP P3MI Jateng & DIY (Persatuan Pengusaha Pasar Malam Indonesia), H Muntohar, sekaligus pemilik Diana Ria Enterprise mengatakan, pihaknya bersyukur dapat menjalankan usaha hiburan setelah sekitar enam bulan lumpuh.

Forkopimda memastikan kelengkapan sarana kesehatan di pasar rakyat

“Bupati tidak mengizinkan secara langsung, namun beliau berpesan agar terus meningkatkan penerapan protokol kesehatan yang pelaku umkm dan pedagangnya menengah ke bawah ini,” terang Muntohar.

Muntohar menjelaskan, setidaknya dalam pasar malam tersebut terdapat 40 karyawan hiburan dan 50 stand pedagang dari warga sekitar.

Dirinya memperkirakan, pasar malam dengan tiket masuk gratis tersebut akan didatangi masyarakat dengan radius jarak lima kilometer.

“Kami sudah mensosialisasikan pada masyarakat, baik melalui materi iklan maupun langsung, agar bilamana datang ke pasar rakyat harus mematuhi protokol kesehatan, bila tidak akan diberi sangsi,” pungkasnya (NSN)

Comments
Loading...