PKKMB via Daring Universitas Trilogi 2020

Universitas Trilogi kembali memulai tahun ajaran baru yang ditandai dengan pelaksanaan kegiatan orientasi mahasiswa baru. Selama tiga hari pada tanggal 5, 7, dan 8 September 2020 berlangsung kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) yang menjadi sejarah bagi Universitas Trilogi. Untuk pertama kalinya kegiatan ini dilakukan dengan format daring. Dengan memanfaatkan media Zoom, kegiatan ini mengusung tema OPSIR (Operasi Pengenalan Mahasiswa Trilogi). Runtutan kegiatan ini ditandai dengan upacara pembukaan PKKMB yang dilaksanakan pada Jumat, 4 September 2020 dan dibuka oleh Rektor Universitas Trilogi, Prof. Mudrajad Kuncoro, Ph.D dan juga terdapat video sambutan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A.

Selama proses kegiatan, mahasiswa baru sebagai peserta dibagi berdasarkan kelompok dalam setiap penerimaan materi dan pengerjaan tugas sebagai proses simulasi kelompok belajar yang akan dilakuan selama proses belajar mengajar. Meski dalam format daring, panitia kegiatan PKKMB telah mendesain materi yang sesuai dengan pedoman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 631/E.E2/KM/2020 mengenai Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2020 untuk para peserta mahasiswa baru. Diantaranya materi yang diberikan dalam kegitan tersebut yaitu Wawasan Sistem Pendidikan yang Tinggi dibawakan oleh Dr. Kabul Wahyu Utomo, Teknososiopreneur dibawakan oleh Yocki Pramudya A, S.E., M.M, materi Wawasan Kebangsaan dibawakan oleh Dr. Ariessetyanto Nugroho dan juga materi Anti Narkoba dibawakan oleh UKM Satgas Universitas Trilogi. Tidak hanya itu, beberapa materi yang responsif terhadap kebutuhan zaman juga diberikan oleh Universitas Trilogi seperti materi Sex Education dibawakan oleh Mia Rachmawaty, S.Pd., M.Pd, materi Literasi di Era New Normal dibawakan oleh Agung Cahya Karyadi, S.Pd., M.Pd., dan materi Kampus Merdeka dibawakan oleh Dr. Aam Bastaman, S.E., M.Si dan Lestari Agusalim, S.E., M.Si dan juga materi Kesiapsiagaan Bencana di Perguruan Tinggi dibawakan oleh Ir. Yodfiatfinda, MM., Ph.D. Dalam beradaptasi dengan kehidupan di Universitas Trilogi, mahasiswa baru juga dibekali informasi seputar layanan mahasiswa yaitu Adak (Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan) oleh Bu Yayu, Keuangan oleh Pak Yayat, Perpustakaan oleh Bu Tiktik dan Biro Sarana dan Prasarana oleh Bu Ratih.

Meskipun kegiatan dilakukan secara daring, namun tidak terlepas dari keseruan berbagai rangkaian acara. Ditampilkan pula video yang mendeskripsikan pengenalan Organisasi Mahasiswa dan Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Universitas Trilogi menambah semangat mahasiswa baru untuk terus mengikuti kegiatan PKKMB hingga usai. Salah satu hal yang nenarik dari rentetan kegiatan tersebut adalah kegiatan Faculty Day, namun sebelum memasuki room zoom masing-masing fakultas, diputarkan terlebih dahulu video singkat mengenai 4 fakultas yang terdapat di Universitas Trilogi lalu mahasiswa baru dikumpulkan di room zoom sesuai masing-masing fakultas untuk mengenal dosen yang akan mengajar dan ketua Himpunan Mahasiswa masing-masing prodi untuk dapat mengenal lebih dalam dan lebih dekat pada kehidupan perkuliahan yang akan mereka jalani nantinya. Agar mahasiswa baru tidak bosan dalam menjalani PKKMB secara daring ini, panitia juga menyediakan games sebagai penghibur diantaranya games tebak gambar, sambung kata dan teka-teki. Sedangkan untuk membangkitkan jiwa kritis mahasiswa, panitia telah meramu sebuah Forum Group Discussion, dipandu oleh Ketua MPM, DPM dan BEM Universitas Trilogi. Kegiatan ini ditutup dengan pengumuman peserta terbaik, kelompok terbaik hingga pemilihan ketua angkatan yang akan menjadi delegasi informasi universitas kepada angkatanya. Kegiatan PKKMB ditutup dengan penampilan video selama PKKMB berlangsung. (RF)

Comments
Loading...