Sikat Jaran Sat Reskrim Polres Demak Berhasil Amankan 41 Motor Curian

MENARANews – (Demak) Operasi Pekat Kejar Kendaraan (Sikat Jaran) yang dilakukan Satuan Reskrim Polres Demak, berhasil mengamankan sejumlah 41 barang bukti kendaraan roda dua dan 6 tersangka pencurian kendaraan bermotor.

Dalam konfrensi pers yang diselenggarakan di Mapolres Demak, Rabu (29/7/20), Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama menyampaikan, bahwa penangkapan tersebut dilakukan selama tenggat waktu 20 hari, dan selanjutnya akan dikembalikan ke pemiliknya.

“Langkah selanjutnya, kami akan publikasikan untuk dapat dikembalikan kepada pemiliknya, dengan syarat pemiliknya datang, dengan membawa BPKB dan STNK,” lanjut AKBP Andhika didampingi Kasat Reskrim Polres Demak, AKP M Fachrur Rozi.

Kapolres melanjutkan, bahwa dalam melakukan aksinya, enam tersangka yang sebagian besar warga Demak tersebut, membobol kendaraan dengan menggunakan kunci T serta berbagi peran.

“Satu tersangka melakukan aksinya ada di enam tempat kejadian perkara (TKP), ada juga lima TKP dan satu TKP. Modusnya membobol kunci kendaraan dengan kunci T. Ada juga yang berperan mengawasi. Tersangka mengaku hasil curian dijual ke penadah dengan harga Rp 2 juta,” terang Kapolres.

Dari enam tersangka tersebut, lanjut Kapolres, salah satunya merupakan tersangka residivis di Polres Demak, sehingga atas kejadian tersebut, pihaknya masih melakukan pengembangan dengan menetapkan enam tersangka lain dalam daftar pencarian orang (DPO).

Para tersangka yakni Afifudin alias Udin (22), Subekan (29), Hasan Anwar (36), Yoga Adista alias Yoga (19), Maya Ayu Anggraeni (34), dan M Imamudin Bahtiar alias Sincan (21), ditangkap di kecamatan yang berbeda.

“Saya tertangkapnya di Kecamatan Sayung, mencuri 3 kendaraan, yang lain beda TKP, dua TKP lainnya di Kecamatan Karangtengah,” ucap Sincan.

Terkait apa yang dilakukan, pelaku dikenakan sanksi dalam pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara selama 7 tahun. (NSN)

Comments
Loading...