Optimalkan Teknologi, Puluhan Jurnalis MSN Akan Dipangkas

MENARAnews, New York – Perusahaan besutan Bill Gates akan memangkas sebanyak 50 jurnalis yang dikontrakkan untuk situs web berita MSN. Pemangkasan dilakukan karena perusahaan tersebut mengoptimalkan penggunan teknologi berupa sistem otomatis kecerdasan artifisial (artificial intellegence/AI) robotik.

Microsoft seperti dikutip dari BBC Senin (1/6/2020), kebijakan tersebut merupakan bagian dari evaluasi bisnis. “Seperti semua perusahaan, kami mengevaluasi bisnis kami secara teratur. Ini bisa menghasilkan peningkatan investasi di beberapa tempat dan, dari waktu ke waktu. Tapi keputusan ini bukan merupakan dampak dari pandemi saat ini,” sebut Microsoft dalam pernyataannya, seperti yang dilansir dari Kompas.com, (2/6)

Selama ini Microsoft, seperti kebanyakan perusahaan teknologi lainnya,  mengambil konten dari perusahaan media.  Sementara untuk memilih dan menyajikannya, perusahaan yang didirikan Bill Gates ini mempekerjakan jurnalis. Setidaknya sekitar 50 orang yang akan kehilangan pekerjaan pada akhir Juni ini.

Meski masih ada tim jurnalis yang dipertahankan. Beberapa jurnalis yang diberhentikan memperingatkan bahwa kecerdasan buatan mungkin tidak sepenuhnya akrab dengan pedoman editorial yang ketat, dan akhirnya mungkin bisa menayangkan artikel yang tidak layak.

Microsoft menjadi salah satu dari banyak perusahaan teknologi yang bereksperimen dengan bentuk-bentuk yang disebut jurnalisme robot untuk memangkas biaya operasional. (red)

Comments
Loading...