2.957 KPM di Denpasar Telah Terima Pembayaran BST

MENARAnews, Denpasar (Bali) – Pemberian Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, mulai dicairkan ke beberapa daerah di Indonesia, termasuk Bali. Untuk di Denpasar, hari ini berlangsung pembayaran BST di beberapa Kelurahan di Kecamatan Denpasar Timur, salah satunya di Kelurahan Kesiman Denpasar.

Lurah Kesiman, I Gusti Ayu Made Suryani mengatakan, terdapat 158 orang di wilayahnya yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dijadwalkan mencairkan BST di kantor lurah setempat pada hari ini, Jumat (15/5/2020).

Dimana jadwal pengambilan dana BST dilakukan hanya sehari, dari pukul 08.00 hingga 15.00 Wita. Jika seandainya dari 158 KPM tidak bisa mengambil sesuai dengan jadwal, mereka bisa mendatangi kantor Pos terdekat yang berada di Jalan Kamboja Denpasar.

“Petugas Pos yang membagikan, meminjam tempat di kantor lurah. Jadi kita memantau sesuai dengan kewenangan saja,” terang Suryani.

Dalam pencarian dana BST ini, Suryani mengungkapkan bahwa masyarakat hanya perlu membawa syarat pencairan BST berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Dan nantinya Petugas Pos akan mencocokkan dengan data daftar penerima BST. 

“Selain itu, tetap menjalankan protokol pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19,” tambahnya menjelaskan prosedural pembayaran BST.

Sebelumnya, saat Kelurahan menerima data KPM BST, pihaknya langsung mengumpulkan para kepala lingkungan (kaling) di wilayah Kelurahan Kesiman. Kemudian, Para kaling tersebut dikumpulkan guna mengatur jam kedatangan masyarakat yang mencairkan dana BST. Sekaligus berkoordinasi dengan para petugas kantor Pos mengenai jam pelayanan. Hal itu dilakukan guna mencegah adanya kerumunan sesuai dengan protokol pencegahan penyebaran Covid-19.

“Jadi masyarakat tidak membeludak untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” kata dia.

Sementara itu, diwawancarai dikesempatan berbeda, Wakil Kepala Kantor Pos Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede Mahaputra mengatakan, hingga 14 Mei 2020, jumlah realisasi pembayaran BST tahap pertama di Kota Denpasar telah mencapai 34,38 persen. Dari 8.601 KPM telah dibayarkan BST kepada sebanyak 2.957 KPM. Di Denpasar Barat telah terbayar sebanyak 1.526 KPM dari 2.159 KPM, Denpasar Selatan telah terbayar 1.332 KPM dari 2.072 KPM dan Denpasar Timur telah terbayar 99 KPM dari 2.787 KPM.

Wakil Kepala Kantor Pos Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede Mahaputra

“Untuk pembayaran di Kecamatan Denpasar Timur dan Denpasar Utara akan dilanjutkan pada 15 Mei 2020 hingga 19 Mei 2020, sesuai jadwal yang telah ditentukan,” tuturnya saat ditemui di Kantor Pos Denpasar, Kamis sore (14/4/2020).

Lebih lanjut, Kantor Pos Denpasar menargetkan penyelesaian pembayaran BST pada 19 Mei 2020 atau sebelum Hari Raya Idul Fitri 1441 H.(DI)

Editor: N. Arditya

Comments
Loading...