KPU DEMAK LAKUKAN MOU DENGAN POLRES DEMAK UNTUK PENGAMANAN PILBUP DEMAK 2020

Menaranews (Demak) Menuju tahapan Pilkada 2020, KPU Kabupaten Demak dan Polres Demak melakukan rapat koordinasi pengamanan (rakor) dan penandatanganan nota kesepahaman kerjasama (MOU) terkait pengamanan dan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak Tahun 2020.

Acara yang diikuti oleh jajaran KPU Kabupaten Demak dan Kapolsek serta jajaran Polres se-Kabupaten Demak tersebut penting dilakukan karena MOU tersebut merupakam panduan dalam mengimplementasikan kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik, antara KPU Demak dengan Polres Demak khususnya dalam kerjasama pengamanan penyelenggaraan Pilbup Demak.

Dalam pernyataan pembukanya Ketua KPU Kabupaten Demak Bambang Setya Budi menyampaika kesiapan KPU Demak dalam menyelenggarakan Pilbup Demak 2020 dan tahapan- tahapan apa saja yang sudah dilakukan.

“Secara regulasi kami sudah siap melakukan tahapan Pilbup Demak 2020, walaupun ada beberapa regulasi yg harus segera di update. Artinya dalam penyelenggaraan tidak ada kekosongan regulasi. KPU Demak juga sudah menerima anggaran hibah untuk menunjang setiap tahapan”. terang Ketua KPU Demak.

Ia meneruskan bahwa terselenggaranya Pilbup Demak 2020 yang berkualitas dengan indikator transparan, profesional dan dan berintegritas merupakan visi KPU kab Demak.

Menurut Bambang forum tersebut juga sebagai ajang sosialisasi Keputusan KPU Kabupaten Demak Nomor 52/PL.02-Kpt/3321/KPU-Kab/III/2020 tentang Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 yang merupakan tindak lanjut dari Keputusan KPU RI nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 dan SE KPU RI Nomor 8 Tahun 2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/ atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

“Ada tiga tahapan yang ditunda dalam Pilbup Demak 2020. Yang pertama, masa kerja Panitia Pemungutan Suara Pilbup Demak 2020. Yang kedua, segala kegiatan persiapan dan pelaksanaan tahapan Pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih dan ketiga, segala kegiatan persiapan dan pelaksanaan Pemutakhiran dan Penyusunan daftar pemilih”. Kata Bambang

Sementara itu Kabag Ops Polres Demak Sonhaji menyampaikan ucapan terimakasih atas kerjasama yang selama ini sudah terjalin dengan baik, serta menyampaikan kesiapan Polres dalam melaksanakan pengamanan.

“Polres Demak akan melaksanakan pengamanan mulai dari pendaftaran calon sampai akhir proses pilkada Pilbup dan wabup,” pungkas Sonhaji. (NSN)

Comments
Loading...