Pentingnya Pelayanan Kesehatan di Tingkat Desa, Mahasiswa KKN UNMAS Denpasar Gelar Kegiatan Posyandu

MENARAnews.com, Badung (Bali) – Meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya kesehatan anak dan lansia, Mahasiswa KKN UNMAS Denpasar gelar kegiatan Posyandu di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Kegiatan ini merupakan yang keempat kalinya dilaksanakan bekerja sama dengan Puskesmas Desa Cemagi, setelah terakhir dilaksanakan di Banjar Bale agung, Kamis, (20/2/2020).

Kegiatan yang bertempat di Banjar Batan Tanjung ini diikuti oleh balita dan masyarakat lanjut usia berjumlah 71 orang. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain, melakukan penimbangan dan pengukuran tinggi badan pada anak, memberikan imunisasi dan makanan pendamping ASI pada balita, memberikan obat cacing pada anak, peserta yang terdaftar dalam kegiatan ini berjumlah 31 Balita. Berdasarkan hasil pemeriksaan mayoritas Balita mengalami perkembangan dengan baik. Lalu dilanjutkan pelayanan kesehatan untuk lansia.

Posyandu Lansia sendiri merupakan suatu fasilitas layanan kesehatan juga bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Khususnya bagi masyarakat yang sudah berusia lanjut. Adapun beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya penimbangan berat badan, tensi, pengecekan gula darah, asam urat dan kolesterol, 40 Lansia mengikuti kegiatan ini, berdasarkan hasil pemeriksaan mayoritas warga Lansia memiliki tekanan darah yang tinggi.

Posyandu merupakan salah satu program kerja KKN dalam menyikapi isu kesehatan di Indonesia.

Menurut Koordinator Desa KKN, Teguh Alfaijin peran Posyandu dalam kesehatan masyarakat sangat sentral, Pasalnya Posyandu adalah Penunjang Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Balita (AKB). Terakhir Mahasiswa yang duduk di bangku Semester 6 itu berharap, semua lembaga dapat bersinergi dengan Posyandu untuk mewujudkan dan mendorong Posyandu yang multifungsi dalam mencegah permasalahan anak. Posyandu merupakan Program Kerja dari Mahasiswa KKN Universitas Mahasaraswati Denpasar dengan panitia inti Kadek Ria Intan Dewi (FKIP/Matematika), Ni Kadek Artini (FP/Agribisnis), Ni Made Weda Santiari (FEB/Akuntansi). (*)

Editor: N. Arditya

Comments
Loading...