Kemen PPPA: Penuhi Hak Anak Meski Pascabencana

MENARAnews – Kab. Lebak (Banten) – Semua hak anak-anak harus terpenuhi meskipun kondisi lingkungan kurang mendukung akibat bencana banjir bandang yang terjadi pada awal tahun 2020.

Demikian dikatakan Deputi Kesetaraaan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Agustina Erni saat melakukan kunjungan di Dodiklatpur III Rindam Siliwangi, Kab. Lebak, (21/1/2020).

Agustina membeberkan, kunjungan yang dilakukan di Lebak merupakan tindak lanjut dari kunjungan Menteri PPPA pada 13 Januari lalu. Pihaknya bersama dengan sejumlah pihak bersinergi untuk membangun keahlian para ibu rumah tangga.

“Ini sebenarnya menindaklanjuti apa yang dilakukan oleh ibu Menteri PPPA, yang waktu tanggal 13, hari senin kemarin melakukan kunjungan ke lokasi, kemudian meminta kami semua untuk segera turun ke lapangan,” ungkapnya.

Kemen PPPA, lanjut Agustina, telah membentuk forum anak di seluruh Indonesia hingga tingkat desa. Forum ini diharapkan mampu mendorong terpenuhinya kebutuhan dasar anak-anak, termasuk ketika setelah terjadi bencana

“Kalau untuk anak-anak, kami punya forum anak, Kemen PPPA punya forum anak yang sudah sampai ke tingkat desa. Semua provinsi sudah punya forum anak sampai ke 34 provinsi, kalau kab/kota sudah 433 kab/kota yang sudah punya forum anak. Terus kecamatan 841, kelurahan dan desa sudah 1.081,” pungkasnya.

Di lokasi yang sama, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi Anak Kemen PPPA, Lies Rosdianty menambahkan, kehadiran Kemen PPPA ke Lebak dalam rangka memantau langsung kondisi para anak korban banjir bandang yang terjadi di sejumlah wilayah di Kab. Lebak.

“Kemen PPPA ingin memastikan bahwa hak anak di pengungsian sekalipun harus terlindungi. Di sini kami menghibur, memberikan edukasi, dan memantau kondisi mereka. Mereka harus tetap bisa sekolah atau mendapat pendidikan, mendapat penanganan terkait kesehatan dan pengasuhan yang layak,” tutupnya. (MY)

Comments
Loading...