Munas Kagama XIII di Bali, Cermati Pemetaan Peningkatan Kualitas SDM Indonesia

MENARAnews.com, Denpasar (Bali) – Bali sebagai tuan rumah agenda Musyawarah Nasional (Munas) oleh Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) XIII pada 14-17 Nopember 2019, kali ini akan membahas peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

“Selama ini sudah banyak dibicarakan, tapi peta jalannya tidak jelas dan terintegrasi,” kata Sekjen PP Kagama Ari Dwipayana dalam jumpa pers di Hotel Inna Grand Bali Beach, Kamis (14/11/2019).

“Kita pernah terlena dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang kita miliki. Kita beranggapan SDA kita yang banyak ini akan menyelamatkan bangsa Indonesia. Padahal faktanya berbeda, SDA itu sangat terbatas,” ungkapnya.

Disampaikan, persoalan kualitas SDM Indonesia bisa dilihat dengan gamblang dengan angkatan tenaga kerja yang rata-rata dihuni oleh lulusan SMP/SMA. Padahal, sebagai penduduk dengan jumlah banyak, Indonesia menurutnya harus bisa mencetak angkatan kerja yang lebih berkualitas.

Sebelum sampai di Bali, Kagama telah melangsungkan rangkaian seminar di empat kota/pulau yang semua pembahasannya mengenai Sumber daya manusia Indonesia.

“Pertama kita lakukan di Semarang, disana kita fokus untuk membicarakan Reformasi sistem pendidikan kita. Kalau kita ingin membangun manusia, ya kita harus mulai dari pendidikan kita terlebih dahulu,” ujarnya.

Kota kedua yang menjadi tempat pelaksanaan seminar yakni di Balikpapan yang mengangkat tema Reformasi ketenagakerjaan.

“Karena kita tahu kita akan berhadapan dengan bonus demografi, dengan bonus tersebut kita dituntut untuk meningkatkan angkatan kerja yang produktif,” terangnya.

Berikutnya, seminar dilaksanakan juga di Manado dengan tema kesehatan dan dilanjutkan di Medan dengan fokus pada enterpreneurship.

“Kita tidak hanya fokus pada tenaga kerja, namun juga bagaimana SDM kita bisa memiliki jiwa usaha dan memeberikan lapangan pekerjaan kepada masyarakat luas,” ujarnya.

Peta jalan itu nantinya akan menjadi rekomendasi eksternal yang disampaikan kepada Presiden Jokowi.

Panitia Munas XIII Kagama berharap dalam acara pembukaan besok, Presiden Jokowi yang juga Alumni Universitas Gadjah Mada dapat hadir dan membuka Munas secara resmi. Adapun beberapa tamu lain yang juga diperkirakan hadir yaitu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar negeri Retno Marsudi.(DI)

 

Editor: N. Arditya

Comments
Loading...
error: Content is protected !!