MELALUI WASBANG AJAK GENERASI MUDA HADAPI PEMILUKADA 2020, JAGA KONDUSIFITAS WILAYAH

MENARAnews, Demak – Pemahaman nilai-nilai wawasan kebangsaan merupakan kebutuhan mutlak terutama bagi generasi muda di tengah arus globalisasi dan proses demokrasi dewasa ini. Penerapan konsep wawasan kebangsaan yang baik diharapkan mampu menguatkan persatuan dan kesatuan.

Demikian disampaikan Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Sekda Demak Windu Sunardi, SH., MH saat acara Pemantapan Wawasan Kebangsaan Bagi Generasi Muda Kabupaten Demak di Gedung Pertemuan Kecamatan Kota Kabupaten Demak.

Windu mengajak para peserta untuk terus melakukan berbagai upaya penyadaran politik publik. Pendidikan politik tidak harus menunggu ketika proses demokrasi telah dekat, namun harus dilakukan terus menerus. Sehingga masyarakat sadar bahwa melalui demokrasi bisa dipilih pemimpin yang ideal.

“Marilah kita rapatkan barisan menjelang pilbup 2020. Saya harap Panjenengan semua dapat mengakomodir berbagai gagasan-gagasan di daerah masing-masing demi kepentingan masyarakat,” katanya.

Sebagai pelaku pengarah opini publik, lanjut Windu, kita harus tetap menjaga tatanan kehidupan masyarakat sehingga konflik sosial dapat terhindarkan. Sehingga Ia meminta agar ditununjukkan sikap dan perilaku politik yang baik berdasarkan prinsip-prinsip demokrasi demi menunjang pembangunan.

“Hidupkan kembali siskamling di daerah masing-masing, bersama kita jaga kondusifitas wilayah. Bersama kita ciptakan pilbup yang damai dan sejuk demi kesejahteraan bersama,” pungkas Windu.

Sementara, Kasi Hubungan Antar Lembaga Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Demak Heri Sukotjo, SIP menjelaskan, pada tahun 2020 akan diselenggarakan PEMILUKADA yaitu pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Demak.

Tidak dipungkiri, dalam pelaksanaannya sudah pasti akan terjadi gesekan antar pendukung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati. Hal tersebut tentu saja akan menjadikan kondusifitas wilayah di Kabupaten Demak memanas.

Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kondusifitas wilatah Kabupaten Demak, kantor Kesbangpolinmas Demak melaksanakan kegiatan pemantapan wawasan Kebangsaan bagi generasi muda dan tokoh pemuda di wilayah Kabupaten Demak.

Dijelaskan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan pemahaman, pengetahuan serta membekali generasi muda akan perlunya menjaga kondusifitas wilayah pra dan pasca Pemilukada di Kabupaten Demak.

Adapun jumlah peserta sebanyak 110 orang dari generasi muda dan tokoh pemuda di wilayah Kabupaten Demak yang terdiri dari Linmas Desa, Kokam, Senkom, Perwakilan Satgas Parpol dan PPM.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Kesbangpolinmas Kabupaten Demak Muh Ridhodhin, SH.,MH dan Kepala Satpol PP Kabupaten Demak Agus Herawan. (NSN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!