Kejari Demak Musnahkan Sabu Senilai 2,3 M

MENARAnews, Demak – Barang bukti narkotika jenis sabu Senilai Rp 2,3 Miliar dimusnahkan Kejaksaan Negeri Demak pada acara pemusnahan barang bukti perkara inkrah 2019, di halaman Kejaksaan Negeri Demak, Selasa (26/11).

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kejari Kabupaten Demak, M Irwan Datuiding, menyampaikan bahwa barang bukti yang dimusnahkan tersebut diantaranya perkara narkotika, judi, pemalsuan uang, dan tindak pidana perkara umum lain.

“Untuk tindak pidana narkotika jenis sabu, kita musnahkan sekira 780 gram. Diperkirakan 1 gramnya senilai Rp 3 juta, berarti sekira bernilai Rp 2,3 miliar,” ucap Kajari Demak.

Sementara terkait perkara pemalsuan uang, lanjutnya, sekira 600 lembar pecahan lima puluh ribuan yang juga dimusnahkan, dimana uang tersebut diedarkan l bukan untuk money politik

“Perkara pemalsuan uang tersebut sudah ditangani dan tidak ada indikasi yang mengarah pada Pilkada,” jelasnya.

Sebagai tindakan preventif akan potensi penggunaan narkoba di wilayah Demal, Kejaksaan Negeri Demak telah berkoordinasi dengan pimpinan daerah dan akan melakukan sosialisasi akan bahaya narkoba sampai ke tingkat kecamatan dan juga ke pondok pesantren.

“Hal tersebut perlu dilakukan untuk meminimalisir kasus tindak pidana penggunaa narkotika yang disinyalir sudah masuk pada pondok pesantren di wilyah Demak,” tutir Kajari.

Sebelum barang bukti dimusnahkan, baramg bukti berupa sabu dites terlebih dahulu menggunakan alat uji narkoba oleh Kasat Narkoba Polres Demak, AKP Paryudi, SH, MH, sebagai bukti bahwa barang bukti tersebut adalah sabu

“Dengan sabu dimasukkan ke dalam alat uji ini, kemudian hasilnya berubah berwarna ungu dari yang semula putib berarti itu positif sabu,” terang Kasat Narkoba dihadapan para pewarta.

Selanjutnya narboka jenis sabu tersebut dimusnahkan dengam dicampur alat pembersih lantai kamar mandi , kemudian dimasukkan blender, berikut dengan diantaranya sabu-sabu 54 paket kecil 1 gram, 780,5447 gram dari 4 paket berat, 15.341 butir pil (warna kuning berlogo MF, Inex, pil warna putih berlogo Y, Trihex), obat jenis hexymer 1000 butir, 350 botol miras berbagai merk.

Sementara untuk uang palsu 603 lembar pecahan lima puluh ribuan, dan beberapa handphone yang juga sebagai barang bukti dihancurkab dengan mesin pemotong.

Dala. Pemusnahan tersebut hadir pula Bupati dan Wakil Bupati Demak, Kasat Narkoba dan Kabag Ops Polres Demak dan Kepala Staf Kodim 0716/Demak, dan lainnya. (NSN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!