BUPATI CANANGKAN KECAMATAN MRANGGEN DAN KARANGAWEN STOP BABS

Menaranews -(Demak) Bupati Demak HM. Natsir melaksanakan pencanangan Open Defecation Free (ODF) Stop Buang Air Besar Sembangan untuk Kecamatan Karangawen dan Kecamatan Mranggen di Gedung Gudang Garam, Desa Brambang, Karangawen.

Bupati memberikan apresiasi dan menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini.

Dihadapan undangan dan ratusan masyarakat yang hadir, Ia mengatakan bahwa kesehatan masyarakat sangat berkaitan erat dengan perilaku dan lingkungan. Perilaku sangat berperan penting dalam menentukan derajat kesehatan. Untuk itu ia mengajak untuk mewujudkan germas.

“Mari kita wujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang akan mendorong masyarakat untuk berperilaku hidup sehat,” jelas HM. Natsir.

Melalui kegiatan ini, Bupati berharap bisa memberikan pengertian dan menimbulkan kesadaran kepada masyarakat luas bahwa desanya sudah stop buang air besar sembarangan (BABS) dan membiasakan melakukan cuci tangan pakai sabun setelah dari WC, setelah membersihkan anak dari BAB, sebelum menghidangkan makanan, setelah makan dan memegang hewan atau benda lainnya.

“Melalui stop BABS dan kebiasaan cuci tangan pakai sabun akan dapat memutuskan mata rantai penularan penyakit dengan menerapkan pilar sanitasi total berbasis masyarakat dapat mewujudkan Kabupaten Demak menjadi Kabupaten yang sehat,” ujarnya.

Camat Karangawen Sugeng Pujiono mengatakan langkah tuntas ODF dengan upaya membangun komitmen bersama dengan seluruh Kades untuk mewujudkan Desa tuntas ODF 100%, penganggaran APBDes Perubahan 2019, Program kroyokan dan CSR serta Bansos RTLH harus berbasis sanitasi.

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto, Kepala Dinpermas P2KB Drs.Daryanto,MM., Kepala Dinas Kesehatan Ghufrin Heru Putranto, para Camat, Forkopimcam dan Kepala Desa se-Kecamatan Mranggen dan Karangawen. (NSN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!