Satu Nusantara Ajak Junjung Tinggi Toleransi dan Semangat Sumpah Pemuda

MENARAnews, Jakarta – Gerakan Satu Nusantara mengajak pemuda Indonesia untuk mengikrarkan kembali Sumpah Pemuda agar terciptanya persatuan bangsa Indonesia yang lebih erat. Diskusi satu nusantara yang dilakukan di Lemhannas, Jakarta Pusat, Selasa (29/10/2019) malam dibuka oleh Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

 

Satu Nusantara, yang di-inisiasi oleh Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (Ikastara) berkolaborasi dengan beberapa ikatan Alumni SMA Terbaik di Indonesia seperti SMAN 8 Jakarta, SMAN 1 Matauli, lahir karena adanya keprihatinan terhadap kondisi bangsa Indonesia saat ini yang dihadapkan pada potensi disintegrasi bangsa dan terpolarisasinya masyarakat berdasarkan isu perbedaan, baik politik, suku, agama, ras maupun gender.

 

Ditemui dalam acara Diskusi Satu Nusantara di Kantor Lemhannas RI, Ketua Umum Gerakan Satu Nusantara A. Renard Widarto mengatakan kami ingin memperkuat dan menggelorakan kembali semangat persatuan & kebangsaan melalui Satu Nusantara ini.

“Dengan kampanye #BedaSatukanKita, generasi muda harus diberikan inspirasi untuk melihat perbedaan sebagai sumber kekuatan dan pemersatu Bangsa Indonesia yang majemuk.” ungkapnya.

Acara Diskusi Satu Nusantara dibuka oleh Bapak Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Dr.(H.C) Drs.H.Muhammad Jusuf Kalla. Dengan tema “Memupuk Rasa Persatuan dan Toleransi Terhadap Perbedaan”. Dalam pidatonya, JK mengatakan  inti dari Sumpah Pemuda adalah bagaimana cara bertoleransi di tengah perbedaan. Karenanyalah bangsa Indonesia bisa bersatu padu hingga saat ini.

Jusuf Kalla saat memberikan pidato dalam diskusi Satu Nusantara (photo by Hafif)

“Tekad sekarang adalah bersatu untuk kemajuan dan keadilan. Kalau kita bicara tentang generasi muda, bagaimana memikirkan masa depan untuk kemajuan berbangsa itu”, pesan Jusuf Kalla.

Diskusi Satu Nusantara juga menghadirkan narasumber para pemuda terbaik Indonesia dengan latar belakang yang berbeda-beda. Pembicara yang hadir diantaranya adalah ajudan Presiden RI Kombes. Pol. Johnny Edison Isir, chairperson of the Purnomo Yusgiantoro Center Filda Yusgiantoro, presenter TV Putri Ayudya dan Putri Handayani yang tergabung dalam Seven Summits Mountaineering Mission.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Satu Nusantara untuk membuat diskusi ini, semoga kegiatan ini menjadikan semangat persatuan Sumpah Pemuda akan terus menyala dalam jiwa raga bangsa Indonesia,” kata Kombes. Pol Jonny Edison Isir.

Dalam paparannya, Renard Widarto, menegaskan bahwa salah satu rangkaian kegiatan Satu Nusantara adalah menggelar Pawai Obor Nusantara yang akan diarak di seluruh penjuru nusantara hingga bulan Juli 2020. Pawai obor ini juga akan melibatkan pemuda setempat untuk mengikrarkan kembali Sumpah Pemuda sebagai sumpah suci para pemuda bahwa Tanah Air Indonesia utuh, kuat, dan jaya karena persatuan dan kesatuan elemen masyarakat di dalamnya, meski berbeda dalam suku, agama, ras, golongan dan latar belakang sosial, etnis dan gender, sekalipun. (Rian)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!