PLN UP3 Demak Gelar Multi Stakeholder Forum Untuk Ketenagalistrikan Berintegritas

MENARANEWS, Demak (Jawa Tengah) – Dalam rangka mensinergikan informasi pelayanan dan pembangunan ketenagalistrikan yang berintegritas, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Demak menyelenggarakan Multi Stakeholder Forum, di Gedung Bina Praja Kab Demak, Selasa (22/10).

Bupati Demak HM Natsir, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi tinggi untuk acara yang dihadiri perwakilan stakeholder PLN DJTY, mulai dari forkopimda Kab Demak, mitra kerja hingga pelanggan PLN.

“Terima kasih PLN telah mendukung Kabupaten Demak menjadi Kabupaten ramah investasi. Saya berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin bagi seluruh pihak, termasuk investor,” ucap Bupati.

Karena, lanjut Bupati, jika semakin banyak investor yang masuk dan memanfaatkan infrastruktur listrik di Demak, maka pendapatan asli daerah (PAD) melalui pajak penerangan jalan umum (PJU) juga ikut naik, sehingga hal ini akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Demak, Ahmad Samsuri menyampaikan, bahwa acara Multi Stakeholder Forum tersebut bertujuan membangun sinergi antar stakeholder demi kemajuan kelistrikan di kabupaten Demak.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi forum untuk saling bertukar informasi, pengetahuan serta inisiatif dari berbagai pihak, terkait ketenagalistrikan dan komponen pendukungnya di wilayah Kabupaten Demak,” terang Ahmad Samsuri.

Senada dengan Bupati, Iapun berharap, agar forum tersebut dapat memberikan kontribusi bagi terciptanya iklim investasi yg menggiurkan di wilayah kabupaten Demak.

Pada tahun 2018, lanjut Ahmad Samsuri, pertumbuhan energi listrik di kabupaten Demak sebesar 5,58% lebih besar dari pertumbuhan energi listrik nasional yang sebesar 5,15%, sehingga dengan peningkatan pertumbuhan tersebut dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah.

Hal ini tampak pada penerimaan PPJ yang meningkat di tahun 2018 dari tahun sebelumnya yakni sebesar 12,77% atau Rp. 5,38 M, dimana untuk tahun ini, sampai dengan Agustus 2019, sudah meningkat 15,03% atau Rp. 4,4 M, dari PAD tahun lalu dalam periode yang sama.

Demikian pula untuk Ratio Elektrifikasi kabupaten Demak di tahun 2019 ini, telah mencapai 100% dari tahun sebelumnya 98,75 %, dengan jumlah pelanggan listrik rumah tangga yang telah mencapai jumlah KK di kabupaten Demak.

“Semoga ke depan atas kerjasama, bantuan dan peran stakeholder, indikator-indikator kelistrikan dan pertumbuhan ekonomi membawa kesejahteraan nyata untuk masyarakat di kabupaten Demak,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut Dandim 0716/Demak, Letkol Abi Kusnianto menyampaikan kesan dan pesan, dimana menurut Dandim, PLN saat ini semakin smart, dimana mau membuka komunikasi yang positif dengan stakeholder, serta selalu menyampaikan info pemeliharaan jaringan yang sangat dibutuhkan masyarkat.

“PLN terus pertahankan yang sudah baik, tingkatkan pelayanan disertai inovasi yang ada di zaman now dengan kemudahan digital”, pungkas Dandim 0716/Demak, Letkol Inf Abi Kusnianto. (NSN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!