Pertama di Banten, Gedung Layanan Haji dan Umroh Terpadu Resmi Berdiri di Pandeglang

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Kabupaten Pandeglang akhirnya memiliki Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu (PLHUT) setelah melewati masa pembangunan selama hampir lima bulan. Gedung PLHUT itu berdiri di kawasan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pandeglang dengan luas mencapai 400 meter persegi.

 

Kepala Kemenag Pandeglang, Endang menuturkan, bangunan tersebut menghabiskan anggaran sekitar 2 miliar rupiah yang bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“Gedung PLHUT itu terdiri atas dua lantai. Lantai pertama akan digunakan untuk ruang pelayanan jemaah. Sedangkan lantai 2 untuk ruang serbaguna yang dapat digunakan pula untuk kegiatan bimbingan manasik haji,” ujarnya usai meresmikan gedung PLHUT, Selasa (22/10/2019).

Endang menjelaskan, PLHUT ini akan menjadi gedung terpadu satu atap, lantaran nantinya akan melayani berbagai kebutuhan haji dan umroh.

“Layanannya meliputi layanan informasi, pendaftaran, pembayaran melalui bank yang ditunjuk, serta layanan bimbingan manasik haji dan umroh”, jelasnya.

Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umrah pada Kemenag Pandeglang, Wawan Sofwan menambahkan, gedung layanan ini merupakan inovasi dari Kementerian Agama.

“Tahun ini ada 16 PLHUT yang dibangun oleh Kementerian Agama diberbagai kabupaten kota. Sedangkan di Pandeglang, menjadi yang pertama dan satu-satunya di Provinsi Banten. Bahkan pembangunan ini juga tercepat dibanding gedung PLHUT lain di Indonesia,” katanya bangga.

Lebih jauh Wawan meyakini, fasilitas gedung itu akan membawa dampak yang lebih baik terhadap pelayanan jemaah haji. Terlebih selama ini Pandeglang menjadi salah satu penyumbang jemaah haji terbesar di Banten.

“Jadi nanti itu calon jemaah haji sangat enak, karena semua pelayanan ada disini semua dan enggak mesti bolak balik seperti kemarin-kemarin,” tandasnya. (MY)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!