Lewat Seminar, Taspen Dorong Pensiunan Pegawai Berwirausaha

MENARAnews, Jayapura (Papua) – Sebanyak 200 orang pensiunan aparatur sipil negaara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura mengikuti seminar kewirausahaan BUP 2020-20201 yang diselenggarakan PT Taspen di Kotaraja, Distrik Abepura, Rabu 16 Oktober 2019.

Ratusan pensiunan ASN tersebut didorong agar inovatif dan mampu berwirausaha, sebagaimana motto PT Taspen yaitu ‘pelayanan melebihi harapan peserta’. Seminar juga didukung oleh bank pendukung mitra bayar, seperti BRI, Mandiri Taspen, BPD Papua, BNI, BPR Irian Sentosa, Mandiri Syariah, dan PT.Pos.

Wakil Kepala Cabang PT Taspen Makassar, Iwan Junaidi dalam keterangannya mengatakan giat pelatihan wirausaha ini bertujuan untuk menggenjot kesejahteraan pensiunan ASN.

“Jadi motivasinya dari sana, kita pengen ASN itu setelah pensiun masi mampu untuk menghasilkan tambahan pendapatan. Pensiun itu kan turun penghasilannya, dengan kesempatan berusaha maka dapat meningkatkan kesejahteraannya,” harapnya.

Adapun materi seminar kali ini yakni budidaya lele, yang dipandu oleh Joshua Bonar Napitupulu. Kemudian bercocok tanam hidroponik dan budidaya Buah Naga, yang di sampaikan oleh Balai latihan masyarakat Jayapura.
Wakil Wali Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru dalam kesempatannya menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Taspen, atas dorongan yang diberikan kepada pensiunan ASN.

“Seminar ini memberi semangat baru bagi pensiunan ASN. Nantinya, mereka lebih mampu mandiri dan berkarya demi pemenuhan kebutuhan hidupnya tanpa harus bergantung pada gaji pensiunnya,” kata Rustan Saru.

Dia pun mengharapkan para peserta seminar agar mampu mengaplikasikan materi yang diperoleh, usai mengikuti seminar.

“Kami harapkan juga mereka dapat memperoleh modal dari perbankan,” ujarnya. (Surya)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!