Ketum KONI Jombang Kunjungi OR Lansia

MENARAnews, Jombang (Jawa Timur) – Ketua Umum KONI kabupaten Jombang melakukan kunjungan motivasi Olah Raga Lansia (Lanjut Usia) di Dusun Dempok Desa Sidomulyo, Kecamatan megaluh, Kabupaten Jombang. Minggu (13/10/2019).

Ketua Umum KONI Kabupaten Jombang H. Tito Kadar Isman ketika dikonfirmasi mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka memberikan semangat olahraga senam lansia untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan hormon progesteron agar lansia Jombang sehat serta menjadikan rumah tangga bahagia.

“Senam lansia merupakan salah satu latihan fisik yang dapat membakar kalori dan melatih otot jantung. Meski namanya senam lansia, olahraga yang satu ini ternyata juga sesuai untuk usia berapa pun dan tingkat kebugaran apa pun. Umumnya, senam ini memiliki gerakan dan kecepatan yang lebih lambat dibandingkan dengan senam aerobik pada umumnya,” ujarnya.

Menurut Tito, manfaat senam lansia antara lain meningkatkan jantung agar dapat memompa oksigen melalui darah ke seluruh tubuh dengan lebih maksimal. Setidaknya, melakukan gerakan senam tersebut selama 30 menit sehari, maka telah melakukan salah satu latihan yang dapat menunjang kondisi kesehatan tubuh. Ditambah lagi, melakukannya secara rutin 5 hari dalam seminggu akan mampu meningkatkan energi para lansia.

“Senam lansia juga sebagai terapi fisik yang efektif bagi para manula. Senam yang diiringi musik bisa meningkatkan kemampuan berjalan dan keseimbangan para lansia. Maka dari itu, senam lansia ini tidak hanya di ikuti ibu – ibu lansia tetapi bapak – bapak juga ikut.  Bahkan pemuda yang sedang aktifitas olah raga Bola Voli juga ikut olah raga senam lansia. Senam lansia ini dipandu oleh kader lansia Mukhsis dan dihadiri Kepala Dusun,” pungkasnya. (Nap)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!