Demak Smart City Untuk Kemudahan Pelayanan Publik Berbasis Teknologi

MENARANEWS-(Demak) Pemerintah Kab Demak mengajak seluruh elemen masyarakat bersinergi mewujudkan Demak Smart City 2020.

Kab Demak yang masuk dalam gerakan 100 Smart City di Indonesia, mendapat pendampingan dari Kemenkominfo untuk dapat mewujudkan media pelayanan publik berbasis teknologi, dengan nama Demak Smart City.

Dalam bimbingan teknis (bintek) Demak Smart City, yang diselenggarakan di Gedung Bina Praja, Senin (7/10), Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M. Kes, memaparkan bahwa salah satu upaya Pemda untuk mewujudkan Demak yang smart, adalah dilakukannya bintek terkait Demak Smart City.

Dalam pemaparannya Sekda menyampaikan arahan pengembangan Demak ke masa depan, usulan rencana aksi dan inovasi serta 14 prioritas penanganan smart city di Kab Demak.

“Dengan pelayanan publik tersebut, nantinya masyarakat dapat menerima pelayanan publik dan murah, hanya melalui android,”ucap Sekda Kab Demak.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto menyampaikan, Demak Smart City merupakan salah satu dari program unggulan Bupati yang bukan hanya identik dengan IT, tapi bertujuan memberikan kenyamanan bagi masyarkat Demak.

“Bagaimana kita menciptakan lingkungan yang nyaman, pelayanan publik yang mudah diakses, itulah tujuan kedepan Smart City,”

Pengembangkan Smart City, lanjut Wakil Bupati, harus fokus kepada inovasi dan terobosan untuk membuat nyaman masyarakat, serta menjadikan Kabupaten Demak lebih dikenal, dengan mempublikasikan potensi Demak.

“Mari wujudkan publik melek informasi dan teknologi, guna mendukung Demak Smart City di segala bidang,” ucapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak Dra. Endah Cahyarini, MM menjelaskan, dari Bimbingan Teknis tahap I, II dan III telah dihasilkan buku I (Analisis Strategis Smart City Daerah), Buku II (Masterplan Smart City Daerah), dan Buku III (Executive Summary Masterplan Smart City Daerah).

“Selanjutnya Bimbingan Teknis Tahap IV ini akan menghasilkan draft final dan review masterplan smart city serta pemantapan quick wins,” ucap Kadinkominfo.

Apresiasi tinggi diberikan kepada seluruh tim yang telah bekerja dalam berproses mewujudkan Demak Smart City, dimana apresiasi tersebut diberikan oleh Kasi Ekosistem E Goverment Diskominfo Provinsi Jawa Tengah Joko pamungkas, Asisten Vice President Regional Account Central Java PT Indosat Hasto, serta Pembimbing Smart City, Sita Laksmi yang memberikan catatan positif pada kinerja Tim Demak Smart City.

“Secara umum saya merasa bangga dan terhormat dalam tim ini, atas semua proses pelaksanaan Smart City di Kab Demak ini, Demak sangat serius dan itu bisa dilihat dari output dan indikator-indikator yang ada,” pungkasnya.

Adapun 14 Prioritas Penanganan Smart City Kab Demak :

1. Penanganan sampah, pencemaran, penghijauan
2. Penanganan dan penataan sungai.
3. Pengembangan e-pesantren
4. Kependudukan dan pelayanan masyarakat
5. Perijinan online
6. Vulnerabilitas (Rumah tidak layak huni, PMKS, alam lingkungan )
7. Pendidikan, angka putus sekolah, pernikahan dini.
8. UKM, Wirausaha muda & Pengangguran.
9. Penanganan kesehatan.
10. Tanggap bencana
11. Pengembangan wisata
12. Pengembangan pertanian
13. Pemerintahan
14. Pengembangan TIK (NSN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!