Bupati Demak Serahkan Penghargaan Pemuda Pelopor Pada Peringatan Sumpah Pemuda

MENARAnews – Demak (Jawa Tengah) Bupati Demak HM. Natsir serahkan penghargaan kepada tiga pemenang seleksi pemuda pelopor tingkat Kabupaten Demak tahun 2019 di Alun-Alun Simpang Enam Demak, Senin (28/10).

Hal itu berlangsung usai Upacara bendera peringatan hari sumpah pemuda ke-91 tingkat Kabupaten Demak. Pemilihan pemuda pelopor, merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pengakuan dan penghargaan dari pemerintah, terhadap pemuda di Demak, khususnya atas prestasi dan kontribusi untuk kemajuan masyarakat di beberapa bidang, diantaranya bidang pariwisata dan pemanfaatan sumber daya alam, bidang pendidikan serta bidang sosial budaya dan agama.

Pada kesempatan tersebut, Muhyidin asal Karangtengah peroleh juara I pemuda pelopor bidang Pariwisata dan pemanfaatan sumber daya alam, juara II diberikan kepada Nadya Ayuning Pertiwi asal Mijen dengan bidang kepeloporan Pendidikan, dan juara III pemuda pelopor bidang sosial Budaya dan agama diserahkan kepada Agus Fajrin Arifin asal Guntur.

Sebelumnya, Bupati yang bertindak sebagai inspektur pada upacara tersebut membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali.

Dikatakan bahwa Pemuda yang memiliki karakter tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Selain menjadi masa depan bangsa dan negara, Pemuda juga harapan bagi dunia. Pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia. Diharapkan, ke depan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, gagasan, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” pesan akhir Menpora.

Peringatan hari Sumpah Pemuda kali ini mengusung tema “Bersatu Kita Maju”. Tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto, Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M. Kes, para Asisten Sekda Demak serta para Kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Demak. (NSN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!