BEM UNHASY Gelar Seminar Nasional Menangkal Bahaya Radikalisme

MENARAnews, Jombang – Seminar Nasional yang bertema Peran Pesantren dan Perguruan Tinggi dalam Menangkal Bahaya Radikalisme dan Separatisme digelar di Aula Lt.3 Gedung A Universitas Hasyim Asy’ari.

Ketua Pelaksana Ahmad Ervan Satria,  selaku Mentri Kepesantrenan di Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari mengangkat tema ini di Seminar Nasional karena dilihatnya masih banyaknya kasus radikal. “Tentunya permasalahan tersebut, semakin mengkhawatirkan terutama pihak Perguruan Tinggi, untuk mengantisipasi bahaya radikal. Saya dan teman-teman BEM Unhasy mengangkat tema ini,” ungkapnya.

Seminar Nasional ini diisi oleh pemateri Dr.H.Mif Rohim M.A (Wakil Rektor III Unhasy), AKBP Boby Pa’ludin Tambunan,SIK,MH (Kapolres Kabupaten Jombang), dan Ali Fauzi Manzi, (Yayasan Lingkar Perdamaian) yang dihadiri juga kurang lebih 200 peserta dari perwakilan BEM  kampus se-Jombang.

“Bangsa Indonesia mempunyai tugas berat yaitu menangani radikalisme, dan separatisme,” kata Bapak Ali Fauzi Manzi,” ungkap salah satu narasumber yang juga mantan perakit bom.

Sementara itu wakil rektor III Unhasy menjelaskan pada tahun 2000-2019 tercatat dalam daftar sejumlah 310 aksi BOM. Untuk itu dia menilai penangkalan sangat dibutuhkan, terhadap bahaya Radikalisme dan Separatisme.

Dari gelaran tersebut para narasumber mengharap pemerintah khususnya kampus lain bisa mengetahui konsep ideologi beragama, dan ideologi bernegara.

Disamping itu, alasan ketua pelaksana mengambil para pemateri yaitu Ali Fauzi Manzi adalah karena beliau mantan terorisme.  “Beliau tau kondisi dan situasai  lapangan, dari hal tersebut pastinya beliau punya cara mengatasi masalah ber radikalisme tersebut salah satunya mendirikan yayasan khusus bagi mantan teroris yaitu yayasan Lingkar Perdamaian,” sahut Mahasiswa Aktifis tersebut.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!