DPRD Agendakan Publikasi Komposisi Pimpinan Definitif

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Lembaga legislatif Kabupaten Pandeglang direncanakan menggelar rapat paripurna untuk mengumumkan usulan susunan pimpinan definitif masa jabatan 2019-2024 pada Jumat (13/9/2019) besok. Selain itu, rapat paripurna tersebut juga akan ikut mengumumkan susunan komposisi fraksi-fraksi DPRD Pandeglang.

Kabar rencana rapat paripurna tersebut dibenarkan oleh Wakil Ketua DPRD Sementara, Gunawan. Kabar ini sekaligus menjawab jadwal penetapan pimpinan definitif yang selama ini terkesan berlarut.

“Jadi besok agendanya ada dua. Pengumuman komposisi fraksi-fraksi DPRD Pandeglang masa jabatan 2019-2024 dan pengumuman penetapan calon pimpinan DPRD Pandeglang masa jabatan 2019-2024,” ujarnya saat ditemui di ruang fraksi Partai Golkar, Kamis (12/9/2019).

Gunawan menjelaskan, setelah rapat paripurna tersebut dilaksanakan, nantinya usulan calon pimpinan DPRD Pandeglang akan disampaikan ke Gubernur Banten untuk diterbitkan Surat Keputusan (SK).

“Setelah SK itu keluar, DPRD harus menyelenggarakan kembali rapat paripurna untuk mengukuhkan pimpinan definitif. Jadi dilantik lagi,” terangnya.

Akan tetapi dirinya menegaskan, proses itu belum selesai. Pascapengukuhan pimpinan definitif, wakil rakyat belum bisa langsung bekerja. Pasalnya, DPRD harus membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

“Setelah itu membentuk fraksi dan AKD. Setelah itu baru bisa dilakukan berbagai pembahasan dengan eksekutif,” beber Gunawan.

Namun begitu lanjut dia, dirinya belum bisa memastikan kapan pelantikan pimpinan DPRD definitif. Karena hal itu tergantung dari SK yang digulirkan gubernur.

“Hasil itu akan disampaikan ke gubernur melalui bupati. Namun belum diketahui tenggat penetapan SK dari gubernur. Kami sih berharap lebih cepat lebih baik,” tandasnya.

Comments
Loading...
error: Content is protected !!