Bus Terbakar, Di Area GSE Bandara Udara Bali

MENARAnews.com, Badung (Bali) – Telah terjadi insiden kebakaran sebuah bus milik Gapura Angkasa di area Ground Support Equipment (GSE) Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali atau di luar gedung ruang tunggu dikeberangkatan penumpang internasional parking stand brawo 23, pukul 13.24 Wita, Jumat,(6/9/2019)

Plh. Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV, Edison Saragih, menjelaskan, dalam insiden tersebut api telah dengan cepat dapat dikendalikan petugas PKP-PK dibantu petugas aviation security. Pada pukul 13.45 WITA atau dalam waktu 21 menit api telah berhasil dipadamkan.

“Saat ini kami tengah mengumpulkan data-data terlebih dahulu serta investigasi nantinya guna mengetahui apa penyebab terjadinya kebakaran bus tersebut,” jelasnya.

Dilanjutkan, terkait hasil baik itu dari rekaman maupun interview, nanti secara resmi pasti akan disampaikan.

“Mungkin terkait hasil investigasi nanti kurang lebih bisa dilakukan selama 2 hari. Akan dianalisa terlebih dahulu faktor-faktor kontribusinya seperti apa terlebih dahulu,” ujarnya.

Dalam insident tersebut tidak menimbulkan korban jiwa,  karena pemadaman api benar-benar sangat cepat ditangani. Sehinga tidak sampai merembet ke bangunan yang ada didekat bus yang terbakar tersebut.

Selanjutnya, General Manager PT Gapura Angkasa, I Ketut Deddy Hariyanto, menyampaikan, bus yang terbakar tersebut sudah melalui pengecekan berkala dan masih layak jalan saat itu. Bus sebelumya melayani penumpang Pesawat Garuda Indonesia sebelum terbakar.

“Bus yang terbakar masih dalam kondisi baik,”katanya.

Dia menjelaskan, kronologis kejadian, awalnya sopir dari Bus tersebut akan menyalakan mesin bus. Akan tetapi, pada saat dinyakan bus tidak bisa hidup. Selanjutnya sopir bus mengecek turun mesin bus yang ada dibelakang, pada saat dicek akinya tiba-tiba timbul percikan api dan sopir sempat berusaha memadamkan api tersebut. Karena  merasa sudah tidak dapat mengendalikan api akhirnya, sopir mencari bantuan guna memadamkan api tersebut.

“Saya sangat berterimaksih, karena action pemadam sangat cepat dilakukan,” ujarnya.

Masih dalam waktu dan waktu yang sama General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai – BaliHerry A.Y. Sikado, mengatakan, kebakaran bus tersebut tidak berdampak pada operasional maupun penerbangan di Bandara I Gusti Ngurah Rai sampai saat ini

“Kebakaran terjadi diluar gedung keberangkatan penumpang internasional,” ucapnya.

Atas kejadian tersebut, manajemen Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali meminta maaf atas ketidaknyaman yang timbul akibat aktivitas pemulihan area yang terkena dampak dari kejadian kebakaran tersebut. (DI).

 

Editor: N. Arditya

Comments
Loading...
error: Content is protected !!