Bupati Demak : Sekretaris Desa Harus Berjiwa Akuntabel

Menaranews-(Demak) Bupati Demak HM. Natsir saat membuka Sosialisasi Produk Hukum Daerah dan Pembinaan Sekretaris Desa dan Sekretaris Kelurahan se-Kabupaten Demak, menyampaikan bahwa kemajuan sebuah desa sangat tercermin dari bagaimana kemampuan desa dalam mengelola APBDesnya.

“Seorang Sekretaris Desa juga dituntut memiliki jiwa akuntabel dan bertanggung jawab dalam mengelola administrasi desa sesuai dengan amanah dan kepercayaan yang diberikan,” ucap Bupati di Pendopo Satya Bhakti Praja.

Mengingat Dana yang masuk ke Pemerintah Desa sangat besar, lanjut Natsir, maka perlu pemahaman aturan yang jelas, dimana berbagai anggaran dapat digunakan untuk membangun desa, mulai dari Dana Desa (DD), Alokasi Dana Desa (ADD), Bantuan Keuangan Provinsi, dan lainnya.

Sekretaris Desa/carik merupakan orang yang dianggap paling teliti, memiliki kinerja dan profesionalisme kerja tinggi dalam membantu tugas-tugas Kepala Desa serta mendukung penuh Kepala Desa dalam mewujudkan Visi dan Misinya.

“Untuk itu, para Sekdes dan Seklur harus memahami betul kedudukan, tugas, dan fungsinya dalam kedinasan di Pemerintahan Desa,” ucap Bupati.

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M. Kes. Dalam arahannya menyampaikan, Sekretaris Desa harus selalu menjaga hubungan baik dengan Kepala Desa dan Perangkat Desa lainnya, serta menjalin kerja sama, membangun komunikasi dan sinergitas dalam satu tim Pemerintah Desa.

Bisa dikatakan bahwa kunci keberhasilan sebuah desa bergantung pada Sekretaris Desa atau Sekretaris lurah.

“Biarpun pimpinan yang memutuskan namun Sekdes harus bisa berikan masukan obyektif kepada pimpinan. Jangan sampai menjerumuskan pimpinan,” katanya.

Ia menegaskan bahwa Pemerintah Desa dikatakan hebat kalau terjadi hubungan harmonis, adil dan seimbang antara pimpinan dan bawahan.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Demak Ahmad Nur Wahyudi, SH.,MH selaku penyelenggara menyampaikan, kegiatan tersebut untuk memberikan arahan-arahan dan sosialisasi juga pembinaan kepada Sekretaris Desa dan Sekretaris Lurah yang ada di lingkup Kabupaten Demak.

“Harapannya mereka bisa melaksanakan tugas sehari-hari dalam rangka melaksanakan pemerintahan desa dengan sebaik baiknya,”ucap Ahmad Nur Wahyudi.

Dilanjutkannya, posisi Sekdes merupakan Pejabat strategis di desa karena mereka yang lebih mengetahui secara admnstrasi baik masalah Pemerintahan, Keuangan dan Sosial Kemasyarakatan.

“Kami berharap Sekdes bisa berikan masukan kepada Kades dalam rangka membuat kebijakan terkait masalah pemerintahan keuangan sosial kemasyarakatan,” ungkapnya. (NSN)

Comments
Loading...