Tentara Berkisah Memotivasi Pelajar SD Memiliki Cita – Cita

Menaranews-(Demak), Hidup Sudirman! Hidup Sudirman! Sudirman pahlawan sejati!
Begitulah yang diserukan anak-anak SDN 4 Kalikondang, Demak saat Sertu Mahmuddin, Satgas TMMD memimpin bernyanyi tentang Pahlawan Sudirman dalam kegiatan Tentara Berkisah.

Tentara Berkisah sendiri merupakan bagian dari kegiatan non fisik TMMD ke-105 yang mengajak anak-anak SD mengenal lebih dekat Pahlawan Nasional Indonesia, dimana kisah Jendral Sudirmanlah yang diangkat untuk dikisahkan dan dinyanyikan oleh Satgas TMMD di depan Kelas V dan VI, Rabu (7/8)

“Jendral Sudirman merupakan Jendral besar yang memiliki strategi yang tidak bisa dibaca Belanda, sehingga berhasil menguasai Ambarwa, dengan taktik yang dikenal dengan Taktik Supit Udang. Dimana sampai sekarang taktik masih digunakan,” tutur Serma Sunardi, Satgas TMMD Kalikondang.

Murid-murid pun terlihat antusias mendengengarkan, sehingga membuat anak-anak terkesan, salah satunya Viky Shihab dari kelas VI, yang kini memiliki alasan mengapa ia harus belajar dengan giat untuk membangun bangsa.

“Saya senang mendengar cerita Jendral Sudirman, saya akan manut pak Tentara untuk belajar giat untuk mempertahankan kemerdekaan dan pengen jadi tentara,” ucapnya.

Yoshilawati Hary Puspitasari, S.Pd guru yang mengampu literasi menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini dapat memotivasi anak-anak untuk semangat dalam belajar, terlebih lagi setelah menyimak acara cerita tersebut anak kelas VI mendapat tugas membuat rangkuman cerita untuk pelajaran Bahasa Indonesia.

“Tugas tersebut bertujuan anak – anak dapat melatih menulis apa yang sudah disimaknya, sekaligus juga sebagai bentuk pengharaan kepada pahlwan Indonesia dalam bentuk tulisan,” ucap guru kesayangan anak-anak tersebut.

Kepala Sekolah SD Kalikondang 4 juga menyampaikan bahwa adanya TMMD di Kalikondang memberi dampak positif bagi masyarakat dan juga anak didiknya.

“Acara TMMD banyak mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat, dan juga berdampak positif bagi anak-anak sehingga dapat memacu anak-anak lebih giat belajar dan cinta tanah air dan bangsa,” ucap Markhiatun, SP.d., SD.

Selain kegiatan Tentara Berkisah para pelajar juga diajak untuk membaca koran bersama dan juga dilontarkan beberapa kuis terkait tema yang diceritakan dengan beberapa hadiah yang diserahkan oleh satgas TMMD. (NSN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!