Puluhan SD Ikuti Lomba Puisi Kemerdekaan Jurnalis Pandeglang

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Puluhan siswa dari Sekolah Dasar se-Kecamatan Pandeglang dan Majasari, Kabupaten Pandeglang mengikuti Lomba Puisi Kemerdekaan yang diinisiasi oleh Jurnalis Pandeglang di Wisata Kuliner Gedung Juang, Kamis (29/8/2019).

Sebanyak 40 peserta perwakilan dari 50 SD yang ada didua kecamatan tersebut, saling unjuk gigi berekspresi membacakan puisi bertema kemerdekaan dari tiga penyair besar Indonesia, Taufiq Ismail (Kita Adalah Pemilik Sah Republik Ini), Sapardi Djoko Damono (Hari Kemerdekaan), dan W.S Rendra (Lagu Seorang Gerilya).

Ketua Pelaksana, Beni Madsira menuturkan, Lomba Puisi Kemerdekaan ini merupakan upaya awak media memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke 74 Republik Indonesia. Sekaligus ingin ikut andil meramaikan lokasi Wisata Kuliner bagi PKL yang baru diresmikan beberapa waktu lalu.

“Kami melibatkan seluruh SD didua kecamatan tanpa dipungut biaya. Alhamdulillah antusiasnya cukup tinggi untuk mengikuti lomba puisi bertema Melalui Apresiasi Puisi Kita Tingkatkan Semangat Kemerdekaan ini” ujar Beni.

Dirinya menjelaskan, Lomba Puisi ini pun sebagai bagian dari mencari bibit pembaca puisi dan penyair sejak dini. Soalnya, peserta yang dilibatkan merupakan siswa kelas IV dan V.

“Karena ini temanya Kemerdekaan, kami juga mengajak adik-adik untuk lebih menumbuhkan rasa nasionalisme dan mencintai NKRI,” tambahnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung penuh acara ini. Semoga kami bisa berkontribusi lebih dengan menggelar acara-acara positif lainnya,” tutup pria yang akrab disapa Apih itu.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita yang membuka acara menyambut baik acara ini. Bahkan dengan tegas ia mendukung penuh kegiatan positif yang diinisiasi Jurnalis Pandeglang ini.

“Acara seperti ini sangat bagus dan harus didukung karena mengandung nilai positif yang besar. Seharusnya acara ini lebih ramai karena untuk mengasah rasa NKRI, melatih diri dalam menyalurkan ekspresi mereka lewat puisi. Kan tampil ke depan enggak sembarangan. Nyalinya harus beda,” terangnya.

Irna melanjutkan, dengan acara lomba seperti ini, para siswa juga diajarkan untuk mengenal kosa kata baru dan pengetahuan baru, sehingga kemampuan mereka bisa tereksplore.

“Melalui kegiatan seperti ini mereka diajak lagi untuk mengetahui orang hebat di dunia perpuisian Indonesia. Jadi mau tidak mau mereka akan mempelajari penyair besar seperti Taufiq Ismail, W.S Rendra, Chairil Anwar, dan penyair besar lain yang cantik puisinya,” beber Irna.

Adapun pemenang dari kejuaraan ini diraih oleh peserta asal SDN Sukaratu 6 Kecamatan Majasari atas nama Intan Cahyani Putri dengan poin 1.016. Juara dua disegel oleh SDN Saruni I, Kecamatan Majasari dengan poin 997 atas nama Safira Deandra.

Kemudian posisi tiga diraih Dias Yuliani asal SDN Sukaratu 3 dengan total poin 974. Sedangkan juara harapan diraih perwakilan Kecamatan Pandeglang yang didelegasikan oleh Irham Nailil Naram, siswa SDN Pandeglang 3 dengan poin 947. (IN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!