Cafe Sepur Berniat Gandeng Damri Untuk Wujudkan Kota Lama Sebagai Warisan Budaya Dunia

Menaranews – (Demak) Dalam rangka mendukung menghidupkan Kota Lama Semarang, Pusat Koperasi Kereta Api (Puskopka) Jateng, turut serta memberikan pilihan destinasi wisata bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Lama. Destinasi tersebut adalah Cafe Sepur dan Mini Cinema 9D (9 Dimensi) yang resmi dilaunching pada Selasa (31/7).

Dalam sambutannya di depan tamu undangan, Wanuri Abdulah, GM Cafe Sepur dan Mini Cinema 9 D, menyampaikan, efek-efek dalam mini cinema tersebut melengkapi dari efek yang biasa disajikan dalam Cinema 3 D, sehingga menjadi kelebihan dari cinema yang lain.

“Dalam Cafe Cinema 9 D pengunjung akan merasakan 9 efek yang ditawarkan, yakni efek asap, efek lampu, efek api, efek angin, efek salju, efek air, efek bubble dan efek kursi gerak. Semua itu akan dinikmati dengan beberapa tayangan pilihan, petualangan, horror, fantasi permainan rollercoster dan beberapa lagi yang seru,” terang Wanuri.

Sementara untuk Cafe Sepur sendiri, Wanuri menyampaikan, bahwa rencana kedepannya, selain dapat menikmati hidangan, menyaksikan cinema, wisatawan akan diajak berkeliling menggunakan replika sepur mengelilingi Kota Lama hingga sampai ke destinasi lain yang dimiliki Puskopda seperti New Bandungan Indah atau Taman Wisata Kopeng.

“Kedepannya akan dibuat semacam cafe jalan, yakni kita dapat menikmati menu cafe sepur diatas replika sepur. Ya seperti trem, tapi ini tidak di atas rel, tapi menggunakan roda. Untuk itu kami harus mensinergikan hal ini dengan Dinas Perhubungan, dalam hal ini Damri, yang memiliki wewenang dalam hal ini,” tutur Wanuri pada Menaranews.com.

Dalam kesempatan yang sama Warsono, Ketua Puskopda Jateng, mengungkapkan bahwa antara Damri dan KAI merupakan sama-sama BUMN dalam usaha transportasi, sehingga bisa bersinergi untuk dapat mengembangkan program wisata kota lama.

“Harapan kami apa yang kami mulai mendapat dukungan dari semua pihak, karena ini merupakan bagian perwujudan dari revolusi 4.0 yang harus kita realisasi, sehingga ide-ide besar dalam 4.0 tidak sekedar retorika semata,” ucap Warsono.

Bertempat di jalan Empu Tantular no 1 Kota Lama, Semarang, Cafe Sepur Mini Cinema 9 D tidak hanya menyasar kaum milenial tapi juga menyita perhatian segala usia, terutama dengan dipertahankannya autientikasi bangunan peninggalan Belanda dan replika kereta api yang menjadi icon Cafe Sepur, sekaligus dapat menjadi bagian icon – icon yang ditampilkan oleh Kota Lama, seperti yang dituturkan Eka Hari Susilo, Marketing Executif Projek Cafe Sepur Mini Cinema 9 D.

“Target Gubernur untuk membangunkan dan mengembangkan Kota Lama sejalan dengan visi kami, karena tujuan utama kami adalah turut serta mengembangkan pariwisata Kota Lama sehingga dapat masuk menjadi warisan budaya dunia,” pungkas Eka. (NSN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!