Lahan Seluas 8 Hektare di Pandeglang Akan “Disulap” Jadi Zona Sains

MENARAnews, Pandeglang (Banten) – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) berencana akan membangun kampus baru di wilayah Kabupaten Pandeglang. Kampus baru itu direncanakan dibangun di Desa Kaduela dan Desa Koranji, Kecamatan Cadasari di atas lahan seluas 8 hektare.

Rektor Untirta, Soleh Hidayat menyebutkan, pembangunan kampus itu merupakan pengembangan dari Fakultas Pertanian. Nantinya kegiatan perkuliahan di kampus baru itu dibagi dalam empat jurusan.

“Kami berencana mengembangkan kampus terbaru untuk Fakultas Pertanian. Itu di lahan 8 hektar. Bisa menampung sekitar 1.000 mahasiswa dengan 4 jurusan,” ujar Soleh usai audiensi dengan Bupati Pandeglang, di Pendopo, Selasa (9/7/2019).

Dia menjelaskan, selain untuk kegiatan perkuliahan, pembangunan kampus baru itu juga difokuskan pada zona sains untuk kegiatan perdekanan kemudian pengembangan agro tekno park.

“Nanti di situ akan kami bangun untuk zona sains untuk kegiatan perdekanan dan kegiatan perkuliahan lalu agro teknopark. Lokasi itu akan nyambung dengan kampus Sindangsari dan aksesnya sudah dibangun oleh Pemprov (Banten),” bebernya.

Lebih lanjut Soleh menerangkan, wacana ini adalah tindaklanjut dari hibah yang diberikan Pemkab Pandeglang sejak zaman Bupati Dimyati Natakusumah. Saat ini Untirta sedang menunggu penyelesaian sertifikat oleh Pemerintah Daerah.

“Jika itu selesai, maka Untirta akan menjemput pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, APBDN, bantuan dari berbagai lembaga, termasuk PNBP yang dihimpun dari biaya kuliah mahasiswa,” urai Soleh.

Rektor Soleh meyakini jika pembangunan kampus baru itu selesai dikerjakan, maka akan berdampak positif terhadap perekonomian warga sekitar dan memberi nilai tambah bagi kemajuan Kabupaten Pandeglang.

“Kalau di situ dibangun kampus maka akan berdampak positif terhadap perekonomian warga sekitar. Mereka bisa bangun kos-kosan, rumah makan, maupun jasa lainnya,” tandasnya.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyambut baik wacana itu. Menurutnya, adanya kampus Untirta di Cadasari diharapkan menumbuhkan sektor pertanian yang menjadi unggulan di Kabupaten Pandeglang.

“Selain itu ini juga program mulia agar masyarakat Pandeglang menjadi punya pilihan berkuliah di daerahnya sendiri, karena Pandeglang secara geografis cocok bagi pertanian,” katanya. (IN)

Comments
Loading...
error: Content is protected !!